Manuver Shin Tae-yong Hadapi Vietnam Bikin Staf Timnas Indonesia Cari Toko Sablon Malam-malam?

Nusantaratv.com - 26 Maret 2024

Timnas Indonesia menang 1-0 atas Vietnam pada pertandingan babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, 21 Maret 2024. (dok PSSI)
Timnas Indonesia menang 1-0 atas Vietnam pada pertandingan babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, 21 Maret 2024. (dok PSSI)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Badai cedera yang menimpa skuad timnas Indonesia jelang laga melawan Vietnam tak hanya membuat pelatih kepala Shin Tae-yong pusing tujuh keliling. Pembantu umum atau kitman yang menyiapkan berbagai keperluan para pemain juga harus bekerja ekstra mempersiapkan kostum laga. 

Seperti diketahui, timnas Indonesia bakal bertandang ke markas Vietnam di Stadion My Dinh, Selasa (26/3/2024). Kedua tim kembali bertemu dalam lanjutan babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 grup F. 

Sejauh ini, peluang Indonesia ke babak berikutnya terbuka lebar usai menempati posisi kedua di papan klasemen dengan torehan 4 poin dari tiga pertandingan. 

Mental bertanding pasukan Shin Tae-yong sebenarnya cukup baik jelang pertandingan melawan Vietnam. Maklum, di laga sebelumnya, tim Merah Putih mampu memetik poin penuh di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta lewat gol semata wayang, Egy Maulana Vikri. 

Sayang, kekuatan tim Merah Putih justru tergerus jelang pertemuan kedua melawan Vietnam. Sejumlah pemain diketahui harus absen karena sakit dan cedera Pratama Arhan dan Yakob Sayuri. Sebelumnya, STY selaku pelatih juga sudah meninggalkan tiga nama di Jakarta karena cedera. Sementara Sandy Walsh yang menjadi andalan skud Garuda dipastikan tidak bisa tampil karena skorsing akumulasi kartu. 

STY selanjutnya memanggil nama-nama baru. Mereka diterbangkan dadakan ke Hanoi, Vietnam untuk melengkapi kuota skuad timnas Indonesia melawan Vietnam. 

Meski demikian masalah tak juga berakhir. Perubahan demi perubahan di skuad timnas Indonesia membuat kostum yang dibawa ke Vietnam hanya tercetak nomor punggung saja, tanpa nama pemainnya. 

Cari Toko Sablon Malam-malam

Situasi ini pun memaksa staf timnas Indonsia bermanuver. Seperti dilansir dari Soha, mereka harus mencari toko sablon yang bisa mencetak nama pada kostum pemain. 

Namun proses ini biasanya memakan waktu hingga dua hari. Itu membuat tim Indonesia khawatir kalau jersey pemain tidak selesai hingga waktu kick off, 19.00 WIB, pada Selasa (26 Maret 2024).

Baca juga: Prediksi Vietnam vs Timnas Indonesia: Bukan Sekadar Berburu Poin

Beruntung , malam itu juga staf timnas Indonesia akhirnya menemukan toko di Hanoi yang bersedia mengerjakannya. Dengan demikian, kostum pemain Indonesia bisa sepenuhnya rampung pada Senin malam (25/3/2024) pukul 22.00.

Dalam foto-foto yang dilansir Soha terlihat kostum-kostum pemain timnas Indonesia sudah memiliki nama pemain, seperti Witan  (nomor 8) dan Marselino  nomor 7). Pada pertandingan melawan Vietnam nanti, timnas sepertinya bakal menggunakan kostum berwarna putih dengan tulisan dan nomor berwarna merah.

Seperti diketahui, timnas Indonesia kini menggunakan kostum bikinan Erspo. Sebelumnya, STY diketahui sempat mengeluhkan kostum latihan para pemainnya. Buntut dari protes ini, perwakilan Erspo langsung datang ke Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Senin malam WIB 18 Maret 2024

Bukan Laga Mudah

Bertanding di My Dinh sebenarnya bukan perkara mudah bagi timnas Indonesia. Sebab sudah 20 tahun lamanya Tim Merah Putih tak pernah menang di sana. Pada pertemuan terakhir tahun 2022 lalu, Indonesia juga ditekuk 0-2 oleh tuan rumah pada leg 2 babak semifinal Piala AFF. 

Momen kemenangan terakhir timnas Indonesia di My Dinh terukir pada babak penyisihan grup Piala AFF 2004. Saat itu, tim Merah Putih menang telak 3-0. 

“Pertandingan besok pasti sangat sulit karena kami harus bermain jauh dari rumah. Tapi Indonesia sudah persiapan untuk mengalahkan Vietnam lagi,” kata Shin Tae-yong dalam jumpa pers jelang pertandingan, Senin siang (25/3/2024). 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])