Prediksi Vietnam vs Timnas Indonesia: Bukan Sekadar Berburu Poin

Nusantaratv.com - 26 Maret 2024

Timnas Indonesia saat mengalahkan Vietnam 1-0 pada babak 2 kualifikasi Piala Dunia 2026 grup F. (dok. PSSI)
Timnas Indonesia saat mengalahkan Vietnam 1-0 pada babak 2 kualifikasi Piala Dunia 2026 grup F. (dok. PSSI)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com-Timnas Indonesia melanjutkan perjalanannya di fase kedua babak penyisihan Piala Dunia 2026. Pasukan Shin Tae-yong sudah ditunggu Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Selasa (26/3/2024) kick off puku 19.00 WIB.

Pada laga sebelumnya, Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, dengan skor 1-0, Kamis (21/3/2024). Kemenangan ini sekaligus mengantar Indonesia ke posisi kedua papan klasemen grup F dengan koleksi 4 poin dari 3 laga. 

Shin Tae-yong memanggil tiga nama baru jelang duel melawan Vietnam di My Dinh. Mereka adalah Ernando Ari yang tiba di Vietnam pada Sabtu (23/3) dan Muhammad Ferarri serta Rachmat Irianto yang menyusul pada Minggu (24/3). Dengan kehadiran ketiga pemain tersebut, Shin Tae-yong diharapkan punya keleluasaan dalam meramu komposisi terbaik saat bersua tuan rumah Vietnam.

Para pemain sudah mulai digembleng sejak Sabtu lalu. Sebagian besar merupakan para pemain yang ikut ambil bagian pada pertandingan melawan Vietnam di GBK. Salah satunya, Egy Maulana Vikri yang menjadi pencetak gol kemenangan timnas.

Shin tae-yong mengatakan, timnas Indonesia tidak sepenuhnya dalam kondisi ideal. Beberapa nama diketahui tengah mengalami masalah kebugaran usai tampil mati-matian di SUGBK, pekan lalu. 

“Ada beberapa pemain yang kondisinya cukup parah,” kata Shin Tae-yong seperti dilansir dari situs resmi PSSI, Sabtu lalu. 

Terkait situasi ini, Shin Tae-yong terpaksa merelakan dua nama. Nadeo Argawinata dan Marc Klok tidak ikut bertolak ke Hanoi gara-gara cedera yang terbilang parah. 

“Posisi Nadeo akan digantikan Ernando. Dan yang kedua adalah Marc Klok, dia juga cedera jadi tidak dibawa,” beber STY.

Satu nama lainnya yang dipastikan absen adalah Sandy Walsh yang harus menjalani hukuman akumulasi kartu kuning. Situasi bertambah buruk manakala beberapa pemain lainnya terjangkit virus yang menyebabkan demam, termasuk Pratama Arhan, Ivar Jenner, dan Yakob Sayuri. 

Bukan Laga Mudah

Bertanding di My Dinh juga bukan perkara mudah bagi timnas Indonesia. Sebab sudah 20 tahun lamanya Tim Merah Putih tak pernah menang di sana. Pada pertemuan terakhir tahun 2022 lalu, Indonesia juga ditekuk 0-2 oleh tuan rumah pada leg 2 babak semifinal Piala AFF. 

Momen kemenangan terakhir timnas Indonesia di My Dinh terukir pada babak penyisihan grup Piala AFF 2004. Saat itu, tim Merah Putih menang telak 3-0. 

“Pertandingan besok pasti sangat sulit karena kami harus bermain jauh dari rumah. Tapi Indonesia sudah persiapan untuk mengalahkan Vietnam lagi,” kata Shin Tae-yong dalam jumpa pers jelang pertandingan, Senin siang (25/3/2024). 

Shin Tae-yong sendiri sempat kesulitan mengalahkan Vietnam. Saat  tim Uncle Ho masih ditangani Park Hang-seo, tim Merah Putih di bawah asuhan STY bahkan sama sekali tak pernah menang. Bahkan pada pertandingan terakhir  Idi My Dinh, Indonesia kalah 0-2 dari Vietnam pada babak semifinal Piala AFF 2022. 

Nasib STY mulai berubah ketika posisi Park Hang-seo digantikan oleh Philippe Trousser. Di tangan pelatih asal Prancis itu, Vietnam dua kali kalah kepada Indonesia. 

Momen pertama terjadi pada babak penyisihan grup Piala Asia 2023 di mana timnas menang dengan skor 1-0. Indonesia kembali menang 1-0 pada pertemuan berikutnya yang berlangsung di GBK, pekan lalu. Dalam lanjutan babak penyisihan grup Piala Dunia 2026 itu, Tim Merah Putih unggul 1-0 lewat gol Egy Maulana Vikri. 

“Pada Piala AFF 2022, kami kalah karena banyak pemain masih muda dan belum berpengalaman. Situasinya berbeda sekarang. Pemain-pemainku lebih berpengalaman dan berkualitas, dan dua kemenangan atas Vietnam adalah buktinya,” kata STY penuh percaya diri. 

“Semua angka dan statistik ada untuk dipecahkan dan diubah. Kali ini saya yakin Indonesia akan mengalahkan Vietnam di kandang mereka,” beber Shin tae-yong terkait rekor 20 tahun tak pernah menang timnas di markas Vietnam, My Dinh.

Lalu siapa saja pemain yang akan diturunkan Shin Tae-yong saat berhadapan dengan Vietnam? 

Prediksi Susunan Pemain

Timnas Indonesia (3-4-2-1)

Kiper: Adi Satryo

Belakang: Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner

Tengah: Asnawi Mangkualam, Thom Haye, Marselino Ferdinan, Nathan Tjoe-A-On

Depan: Yakob Sayuri, Ramadhan Sananta, Ragnar Oratmangoen

 

Timnas Vietnam (3-5-2)

Kiper:  Nguyen Filip

Belakang; Phan Tuan Tai, Bui Tien Dung, Bui Hoang Viet Anh

Tengah: Pham Xuan Manh, Do Hung Dung, Nguyen Thai Son, Nguyen Hang Duc, Vo Minh Trong

Depan: Nguyen Tien Linh, Nguyen Dinh Bac.

 

Jadwal dan Hasil Piala Dunia 2026

Hasil Pertandingan Indonesia

16/11/2023: Irak vs Indonesia: 5-1

21/11/2023: Filipina vs Indonesia: 1-1

21/3/2024: Indonesia vs Vietnam: 1-0

 

Jadwal Timnas Indonesia selanjutnya

26/3/2024: Vietnam vs Indonesia (My Dinh Stadium)

6/6/2024: Indonesia vs Irak (SUGBK)

11/6/2024: Indonesia vs Filipina (SUGBK

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])