Peringatan Dini BMKG, Waspada Cuaca Ekstrem hingga 8 Maret 2024

Nusantaratv.com - 29 Februari 2024

Ilustrasi cuaca ekstrem/ist
Ilustrasi cuaca ekstrem/ist

Penulis: Ramses Manurung

 

Nusantaratv.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait ancaman cuaca ekstrem. 

BMKG meminta masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang berpotensi menerjang wilayah Indonesia hingga 8 Maret 2024 mendatang. 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan tertulis, Kamis (29/2/2024) mengatakan hujan masih berpotensi mengguyur meski sebagian besar wilayah sudah melewati masa musim hujan. 

“Meskipun sebagian wilayah Sumatera bagian selatan dan Pulau Jawa masih berada dalam puncak musim hujan di Bulan Februari, sehingga peningkatan curah hujan pada wilayah-wilayah tersebut masih berpotensi terjadi,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/2/2024).

Baca juga: Waspada! BMKG Peringatkan Terjadi Banjir Rob di Pesisir Utara Jateng

Guswanto menambahkan berdasarkan pemantauan BMKG hujan dengan intensitas ringan hingga ekstrem masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia sejak 24 hingga 29 Februari 2024. 

Khusus wilayah Jabodetabek, kata Guswanto, peningkatan curah hujan terpantau sejak 27 Februari 2024. Intensitas hujan pada kategori ekstrem mencapai 157,4 mm/hari di Kelapa Gading, disusul hujan kategori sangat lebat di wilayah Tanjung Priok, Pulo Gading, dan Sunter Timur pada 28 Februari 2024.

Hujan deras yang mengguyur Jakarta mengakibatkan sejumlah ruas jalan tergenang banjir, yaitu di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat dengan ketinggian 10-25 cm serta di Jakarta Barat setinggi 30 cm pada 28 dan 29 Februari 2024. 

“Kondisi ini dipicu oleh aktivitas gelombang Rossby Ekuatorial di selatan Pulau Jawa bagian barat dan peningkatan kecepatan angin di sekitar wilayah Kepulauan Bangka Belitung dan Selat Karimata, yang kemudian membentuk pola pelambatan, pertemuan, dan belokan angin di sekitar wilayah Jawa bagian barat,” ujar Guswanto.


 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])