Timnas Indonesia Gusur Malaysia di Ranking FIFA, Vietnam Kini di Bawah Thailand

Nusantaratv.com - 04 April 2024

Posisi Indonesia di ranking FIFA edisi April 2024 meningkat tajam. (dok PSSI)
Posisi Indonesia di ranking FIFA edisi April 2024 meningkat tajam. (dok PSSI)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Seperti yang diperkirakan sebelumnya, posisi timnas Indonesia meningkat drastis di ranking FIFA. Dalam update April 2024, skuad Merah Putih melambung 8 peringkat ke urutan 134.

Indonesia kini menjadi negara dengan peringkat FIFA tertinggi ketiga di Asia Tenggara. Thailand kini berada di urutan pertama setelah bertahan di posisi 101 dunia. Gajah Perang menggusur Vietnam yang turun 10 strip di ranking FIFA (115).

Malaysia kini berada di bawah Indonesia. Negeri Jiran turun 6 peringkat ke urutan 138  ranking FIFA terbaru, 4 April 2024. 

Lompatan Indonesia sebenarnya sudah bisa diprediksi sebelumnya. Di tengah menurunnya performa negara-negara Asia Tenggara lainnya, Indonesia justru tampil memukau sepanjang Maret 2024.

Dalam kurun waktu itu, Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dalam dua pertemuan beruntun di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Di laga pertama, Indonesia berhasil menang tipis 1-0 sebelum menyudahi The Golden Stars di My Dinh dengan skor 3-0.

Kemenangan demi kemenangan yang didapat membuat Indonesia mendapat tambahan 30,4 poin hingga mencatatkan total poin keseluruhan sebesar 1102.7. Dan di bulan April, Indonesia tercatat sebagai negara dengan lompatan ranking FIFA tertinggi di dunia. 

Simak daftar peringkat FIFA negara-negara ASEAN pada halaman selanjutnya...

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])