Profil Sivakorn Pu-Udom, Wasit VAR yang Dihujat Netizen Usai Indonesia Kalah di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Nusantaratv.com - 30 April 2024

Wasit asal Thailand Sivakorn Pu-Udom jadi bulan-bulanan netizen Indonesia setelah Garuda Muda gagal ke final Piala Asia U-23 2024
Wasit asal Thailand Sivakorn Pu-Udom jadi bulan-bulanan netizen Indonesia setelah Garuda Muda gagal ke final Piala Asia U-23 2024

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Wasit asal Thailand Sivakorn Pu-Udom jadi bulan-bulanan netizen Indonesia setelah Garuda Muda gagal ke final Piala Asia U-23 2024. Langkah Timnas Indonesia U-23 dijegal Uzbekistan pada laga semifinal, Senin (29/4/2024). 

Pada pertandingan di Abdullah bin Khalifa itu, Pu-Udom bertugas sebagai wasit VAR yang memicu dianulirnya gol M Ferrari pada menit-63. Wasit membatalkan gol tersebut setelah meninjau tayangan ulang yang memperlihatkan Ferrari dalam posisi offside. 

Indonesia akhirnya menyerah dengan skor 0-2 lewat gol Khuyasin Norchaev (68') dan gol bunuh diri Pratama Arhan menit ke-86. Indonesia selanjutnya akan tampil pada perebutan tempat ketiga yang juga menyediakan tiket otomatis ke Olimpiade Paris 2024.   

Usai pertandingan, nama Sivakorn Pu-Udom langsung jadi trending topic di X. Netizen melontarkan caci-maki kepada pria kelahiran 26 November 1987 tersebut. Kebetulan, Pu-Udom diketahui adalah wasit VAR yang bertugas saat Timnas Indonesia U-23 bertemu Qatar di laga pembuka grup A yang dimenangkan tuan rumah dengan skor 2-0. 

Dalam pertandingan tersebut, Sivakorn sebagai wasit VAR diduga ikut mendukung sejumlah keputusan kontroversial yang dikeluarkan oleh wasit lapangan, Nasrullo Kabirov. Salah satunya terkait penalti yang diberikan kepada Qatar atas pelanggaran yang dilakukan oleh bek Rizky Ridho. 

Dalam duel ini, dua pemain Indonesia juga menerima kartu merah, yakni Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta. Beruntung, Indonesia berhasil bangkit dan memetik dua kemenangan beruntun atas Australia (1-0) dan Yordania (4-1). Indonesia kemudian melangkah semifinal usai menyingkirkan Korea Selatan 11-10 lewat adu penalti. 

Lalu siapa Sivakorn Pu-Udom?

Melansir dari situs transfermrkt, Pu-Udom sebenarnya bukan sosok yang baru di Asia. Dia tercatat sudah menyandang label sebagai wasit FIFA sejak 2013 lalu.

Pria berusia 36 tahun itu juga pernah menjadi wasit VAR saat Piala Asia 2024. Saat itu, dia juga bertugas pada pertandingan Indonesia melawan Irak yang berkesudahan dengan kekalahan Tim Merah Putih dengan skor 1-3. 

Pu-Udom juga sempat jadi wasit VAR pada pertandingan Indonesia vs Vietnam di penyisihan grup Piala Asia 2023. Namun dalam laga ini, Merah Putih berhasil menang 1-0.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])