Piala Uber 2024: Gagal Runtuhkan Tembok China, Tim Uber Jadi Runner Up

Nusantaratv.com - 05 Mei 2024

Kekalahan Ester Nurumi Tri Wardoyo dari He Bing Jiao membuat tim putri Indonesia kalah 0-3 dari China dalam final Piala Uber 2024, pada Minggu (5/5/2024). (Foto: Humas PBSI)
Kekalahan Ester Nurumi Tri Wardoyo dari He Bing Jiao membuat tim putri Indonesia kalah 0-3 dari China dalam final Piala Uber 2024, pada Minggu (5/5/2024). (Foto: Humas PBSI)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Tim Uber Indonesia harus puas menjadi runner-up di ajang Piala Uber 2024. 

Srikandi Merah Putih tidak mampu meruntuhkan tim China di laga Pamungkas, pada Minggu (5/5/2025). Gregoria Mariska Tunjung dkk kalah 0-3 dari pasukan Negeri Tirai Bambu.

Berlaga di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Chengdu, China, Ester Nurumi Tri Wardoyo, yang turun di partai ketiga, harus menelan pil pahit usai tumbang di tangan He Bing Jiao. 

Pebulu tangkis China yang menempati ranking 6 dunia itu melibas Ester lewat pertarungan rubber game yang berakhir dengan skor 21-10, 15-21 dan 17-21, dalam waktu 1 jam 9 menit.

Sebelumnya, dua wakil Indonesia, yakni Gregoria Mariska Tunjung dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto juga harus mengakui ketangguhan lawan.

Gregoria tumbang di tangan Chen Yu Fei. Pebulutangkis Pelatnas Cipayung itu kalah mudah dua gim langsung, dengan skor 7-21 dan 16-21, dalam duel berdurasi 38 menit. Kekalahan ini menambah jarak rekor pertemuan kedua pemain menjadi 10-3 untuk Chen Yu Fei.

Sementara Fadia/Ribka harus bertekuk lutut di kaki pasangan ranking satu dunia Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Melakoni laga selama 39 menit, duet Merah Putih itu menyerah dua gim langsung, dengan skor 11-21 dan 8-21.

Hasil ini dipastikan China menang 3-0 atas Indonesia serta berhak membawa pulang trofi Piala Uber 2024.

Momen ini sekaligus menandai final ke-20 bagi China, serta memperpanjang rekor 16 kemenangan mereka, sebagai tim putri tersukses sepanjang masa pada ajang bergengsi beregu putri.

Pada gelaran Piala Uber 2024, China adalah tim putri yang tidak pernah menelan satu pun kekalahan. Mereka menang 5-0 atas Singapura, Kanada dan India. 

China juga menang 3-0 atas tim Denmark, Jepang, dan Indonesia, masing-masing di babak perempat final, semifinal, dan final.

Sementara bagi Indonesia, ini merupakan final pertama bagi tim putri di Piala Uber sejak edisi 2008. Ketika itu, Indonesia yang diperkuat Maria Kristin, Lilyana Natsir dan kawan-kawan menantang tim China di kandang sendiri, dan takluk 0-3.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])