Piala Uber 2024: Komang Ayu Jadi Penentu, Srikandi Indonesia Tembus Final Setelah 16 Tahun

Nusantaratv.com - 04 Mei 2024

Pebulu tangkis tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi memastikan langkah tim Uber Indonesia menembus partai puncak. (Foto: PBSI)
Pebulu tangkis tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi memastikan langkah tim Uber Indonesia menembus partai puncak. (Foto: PBSI)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi memastikan langkah tim Uber Indonesia menembus partai puncak.

Srikandi Merah Putih sukses menekuk Korea Selatan (Korsel) 3-2 di babak semifinal, pada Sabtu (4/5/2024).

Kemenangan di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Chengdu, China, menjadikan Gregoria Mariska dkk mengunci tiket final. 

Dalam pertandingan itu, Komang Ayu yang turun di partai kelima, menang ruber game atas wakil "Negeri Ginseng" Kim Min Sun, dengan skor 17-21, 21-16, dan 21-19, dalam tempo 1 jam 9 menit.

"Jujur saya tegang banget, saya tadi berada di underpressure, saya juga termasuk pemain yang masih junior, saya juga menjadi penentu (kemenangan). Astungkara (atas kehendak Tuhan) saya bisa melalui semuanya dengan baik," kata Komang Ayu, dikutip dari Antara, Sabtu (4/5/2023).

Sebelumnya, Indonesia dan Korea Selatan berbagi skor 2-2. Indonesia berhasil merebut poin pertama lebih dulu lewat tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Menghadapi Sim Yu Jin, Jorji, sapaan akrabnya, berhasil meraih kemenangan dua gim langsung, dengan skor 21-15 dan 21-13. Duel keduanya berlangsung selama 32 menit. Indonesia memimpin 1-0.

Sayangnya, tren positif itu tak bisa diteruskan di partai kedua. Pasangan Indonesia, Apriyani Rahayyu/Siti Fadia Silva Ramadhanti harus mengakui ketangguhan duet Baek Ha Na/Lee So Hee.

Apri/Fadia takluk dua gim langsung, dalam tempo 43 menit, dengan skor 6-21 dan 18-21. Skor 1-1 antara Indonesia dan Korea Selatan.

Di partai ketiga, Indonesia berhasil unggul kembali lewat kemenangan Ester Nurumi Tri Wardoyo. Berlaga selama 1 jam 7 menit, Ester mampu mengandaskan Kim Ga Ram lewat pertandingan ketat tiga gim, dengan skor 20-22, 21-16 dan 21-12. Skor berubah, 2-1 untuk Indonesia.

Hasil positif tersebut tidak mampu dilanjutkan duet Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto. Mereka harus mengakui ketangguhan Jeong Na Eun/Kong Hee Yong, dalam pertarungan dua gim langsung, dengan skor 15-21 dan 14-21, dalam durasi 35 menit. 

Hasil yang diperoleh memastikan Indonesia menang atas Korea Selatan dengan skor tipis 3-2. Mereka berhak berlaga di partai pamungkas setelah 16 tahun lamanya.

Skuad Indonesia terakhir kali berhasil lolos ke babak final Uber Cup pada edisi 2008. Saat itu, Indonesia lolos ke final usai menumbangkan Jerman dengan skor 3-1.

Meski begitu, Indonesia harus puas meraih posisi runer-up usai kalah dari China. Dimana pada edisi kali ini Negeri Tirai Bambu itu menjadi tuan rumah.

China sendiri memastikan tempat di final usai mengubur impian Jepang dengan skor 3-0.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])