Peta Perjalanan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Boleh Berharap, tapi...

Nusantaratv.com - 28 Maret 2024

Timnas Indonesia saat bertemu Vietnam pada laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (dok.PSSI)
Timnas Indonesia saat bertemu Vietnam pada laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (dok.PSSI)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Timnas Indonesia secara beruntun tampil memukau dalam dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sepanjang Maret 2024, pasukan Shin Tae-yong sukses melumat musuh bebuyutan Vietnam.

Pada pertemuan pertama yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Kamis (21/3/2024), pasukan Shin Tae-yong menang 1-0 atas Vietnam berkat gol Egy Maulana Vikri.

Hasil positif ini kembali berlanjut di laga kedua yang berlangsung di markas The Golden Star, Stadion My Dinh, Selasa (26/3/2024). Kali ini, Tim Merah Putih justru lebih perkasa hingga berhasil membenamkan tuan rumah dengan skor telak 3-0.

Kemenangan ini sekaligus mengakhiri kutukan tidak pernah menang di Stadion My Dinh selama 20 tahun terakhir. Tiga gol Timnas Indonesia dicetak Jay Izdes, Ragnar Oratmangoen, dan Ramadhan Sananta.

Tambahan tiga poin juga semakin membuka peluang Indonesia melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Berada di urutan kedua dengan koleksi 7 poin, tim Merah Putih praktis hanya butuh satu kemenangan lagi untuk mengunci tiket di putaran berikutnya.

Sejauh ini, baru Irak satu-satunya wakil grup F yang memastikan tempat di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Irak yang telah mengemas 12 poin dipastikan tidak akan tergusur dari posisi dua besar terlepas apapun hasil yang mereka raih pada dua laga terakhir.

Peluang terburuk Irak hanyalah melorot ke urutan kedua. Itu terjadi bila Timnas Indonesia sukses menyapu dua partai tersisa dan Irak kalah di laga lainnya. Melalui skenario ini, Indonesia akan memimpin dengan 13 poin atau satu poin lebih baik dari Irak. Sementara Vietnam dan Filipina bakal dipastikan angkat koper karena sudah tak mampu mengejar. 

Peluang untuk jadi juara grup memang terbuka. Namun itu tentu bukan pekerjaan mudah bagi Indonesia. Pasalnya, dari dua laga tersisa, Indonesia masih harus bertemu Irak yang pernah mengalahkan Marcelino Ferdinan cs dengan skor 5-1 pada 16 November 2023 lalu pada laga perdana Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Pertemuan berikutnya melawan Irak akan berlangsung di Indonesia pada 6 Juni mendatang. Sementara satu laga lainnya akan mempertemukan Indonesia dan Filipina, 11 Juni 2024. Duel ini juga digelar di Tanah Air. 

Peluang terbesar mencuri kemenangan adalah melawan Filipina. Meski sempat ditahan imbang 1-1 di pertemuan sebelumnya, Skuad Garuda boleh dikatakan lebih dominan dari The Azkals, terutama bila tampil di kandang dengan dukungan penuh publik Tanah Air. Sejauh ini, perjalanan Filipina di babak kualifikasi Piala Dunia 2026 juta tidak spesial. Dari 4 laga yang sudah dilalui, The Azkals baru dapat 1 poin.

Dalam situasi seperti ini, lolos ke putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 jadi pilihan realistis. Sebab dengan tambahan tiga poin saja, Timnas Indonesia untuk mengantongi tiket menuju putaran ketiga.  

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])