Kualifikasi Piala Dunia 2026: Menang di Hanoi, Timnas Indonesia Bantu Vietnam Berhemat Miliaran Rupiah

Nusantaratv.com - 27 Maret 2024

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0 pada laga lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024). (dok.PSSI)
Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0 pada laga lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024). (dok.PSSI)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Pelatih asal Prancis, Philippe Troussier harus angkat kaki lebih awal dari timnas Vietnam. Posisinya sebagai pelatih kepala The Golden Stars diberhentikan di tengah jalan setelah gagal mempersembahkan kemenangan melawan Indonesia, Selasa (27/3/2024). 

Dalam laga yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi tersebut, Vietnam yang tampil di depan publik sendiri dipaksa menelan kekalahan dengan skor 0-3. Tiga gol tim tamu lahir dari dua pemain naturalisasi Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Ramadhan Sananta. Hasil ini sekaligus mengakhiri kutukan Indonesia yang tak pernah menang di markas Vietnam selama 20 tahun terakhir. 

Tidak butuh waktu lama. Usai pertandingan, Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) segera menggelar pertemuan dadakan dengan Troussier. Hasilnya, kontrak pelatih yang menggantikan sosok Park Hang-seo itu harus berakhir lebih cepat dari kesepakatan awal.

Baca JugaSosok Ragnar Oratmangoen Pencetak Gol Indonesia vs Vietnam

Seperti dilansir Soha, kontrak Troussier seharusnya baru berakhir pada 31 Juli 2026. Hanya saja performa timnas Vietnam terus menurun di bawah kendali pelatih asal Prancis tersebut. Dan puncaknya adalah kekalahan 0-3 atas Indonesia di My Dinh, Hanoi. 

Hasil ini tidak hanya membuat peluang Vietnam semakin kecil ke putaran ketiga. Kekalahan juga diyakini bakal menggerus peringkat Vietnam di FIFA hingga urutan 115, terburuk sejak November 2017.

Situasi ini lah yang memaksa VFF memutus kontrak Trousser lebih awal. Pelatih asal Prancis itu juga telah setuju dengan kompensasi yang diberikan sebesar 3 bulan gaji atau sekitar 4-5 Miliar VDN atau setara Rp2.6 M -3,1 M. 

Angka ini jauh lebih kecil dari pengeluaran VFF bila harus membayar seluruh gaji Trousser hingga Juli 2026 di mana totalnya bisa mencapai 40 Miliar VND atau setara dengan Rp 25.6 Miliar. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])