Hanya Perlu Seri, Timnas Indonesia U-23 Tetap Berambisi Kalahkan Yordania

Nusantaratv.com - 21 April 2024

Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Yordania pada laga terakhir grup A Piala Asia U-23, Minggu (21/4/2024). (dok PSSI)
Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Yordania pada laga terakhir grup A Piala Asia U-23, Minggu (21/4/2024). (dok PSSI)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Timnas Indonesia U-23 siap tempur menghadapi Yordania di laga terakhir grup A Piala Asia U-23 2024. Peluang Indonesia ke fase knock out terbuka lebar usai menang 1-0 atas Australia, pada laga kedua. 

Pertarungan digelar di di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4), kick off 22.30 WIB. Dalam laga ini, Garuda Muda hanya membutuhkan satu poin saja untuk menyegel tempat di delapan besar.

Meski demikian, pelatih Shin Tae-yong tetap membidik kemenangan dalam laga ini. Karena itu, pelatih asal Korea Selatan itu meminta pasukannya agar tidak lengah  mengingat lawang bukan tim sembarangan. 

"Memang ini (tim) timur tengah, salah satu tim timur tengah yang tidak begitu gampang dikalahkan dan sangat kuat juga secara postur tubuhnya. Jadi saya tegaskan kepada para pemain bahwa kita tidak boleh lengah untuk melawan mereka," kata Shin Tae-yong seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

"Semua persiapannya untuk menang, pastinya akan mengincar untuk kemenangan," tambahnya.

Meski masih kehilangan Ramadhan Sananta akibat skorsing kartu merah, STY sedikit lebih tenang menghadapi Yordania. Sebab Ivar Jenner yang sebelumnya absen melawan Australia sudah bisa tampil. Berbeda dengan Ramadhan yang dilarang tampil dua laga akibat kartu merah langsung, Jenner yang menerima dua kartu kuning beruntun saat bertemu Qatar hanya dihukum satu pertandingan. 

"Lalu ada beberapa pemain termasuk Nathan dan Arhan yang (kena) benturan ya, tetapi terlihat tidak masalah untuk bermain," ujar Shin Tae-yong.

Sementara itu, gelandang Marselino Ferdinan, juga ingin mengalahkan Yordania. Untuk itu, dia meminta teman-temannya tidak lengah dan tetap menjaga mental pemenang. 

"Kondisi teman-teman saya lihat sangat baik, tampak sangat excited untuk pertandingan melawan Yordania. Kita tegaskan, bahwa kita harus melupakan pertandingan melawan Australia, kita harus ubah mindset dan mental, soalnya kita juga belum pasti lolos. Kita harus menang dan kita gak punya mental untuk imbang atau kalah," ujar Marselino.

Marselino pun membeberkan arahan dari pelatih Shin Tae-yong kepada para pemain terkait keunggulan postur tubuh Yordania. "Dari tim pelatih mungkin Yordania lebih bermain tipikalnya lebih (mengandalkan) long ball dan counter attack. Kita sudah antisipasi segala sesuatunya tadi di latihan," ujarnya.

"Ya pastinya saya sangat percaya diri, momen menang lawan Australia sangat berguna bagi saya dan tim dan semoga saya bisa menampilkan yang terbaik untuk laga selanjutnya," tambahnya.

Indonesia saat ini menempati posisi kedua klasemen Grup A dengan 3 poin. Di urutan pertama bercokol tuan Rumah Qatar dengan koleksi tiga poin sekaligus memastikan tempat di babak delapan besar. 

Australia di posisi terbawah dengan 1 poin disusul Yordania dengan torehan poin sama di urutan ke-4. 

Aturan head to head yang diterapkan AFC pada Piala Asia U-23 2024 membuat Indonesia hanya butuh hasil imbang melawan Qatar. Dengan 4 poin, Indonesia tidak akan terlempar dari dua besar meski di laga terakhir Australia berhasil mengalahkan tuan rumah Qatar. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])