Fakta-Fakta Menarik Piala Asia U-23 2024 Qatar, Nomor 5 Bikin Shin Tae-yong Putar Otak

Nusantaratv.com - 02 April 2024

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong harus memutar otak untuk memenuhi target lolos Olimpiade Paris 2024 melalui Piala Asia U-23 Qatar 2024. (dok.PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong harus memutar otak untuk memenuhi target lolos Olimpiade Paris 2024 melalui Piala Asia U-23 Qatar 2024. (dok.PSSI)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Timnas Indonesia U-23 tengah menjalani pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab sejak 1 April 2024. Sebanyak 28 nama diboyong oleh pelatih Shin Tae-yong untuk digembleg menghadapi Piala Asia U-23 2024 Qatar, 15 April-3 Mei 2024. 

Seperti halnya timnas senior, timnas Indonesia U-23 juga akan diperkuat oleh sejumlah pemain naturalisasi. Nama-nama seperti Ivar Jenner Rafael Struick, Justin Hubner, dan Nathan Noel diharapkan mampu menambah kekuatan Garuda Muda saat di Qatar nanti. 

Shin Tae-yong juga bisa bernapas lega karena PSSI akhirnya menghentikan sementara kompetisi Liga 1 yang sudah memasuki fase akhir. Langkah ini membuat para pemain yang berlaga di kompetisi kasta tertinggi Tanah Air itu bisa memenuhi panggilan STY tepat waktu. 

Piala Asia U-23 bukanlah kejuaraan baru bagi timnas Indonesia. Sejak digulirkan pertama kali pada tahun 2013 lalu, Indonesia belum sekalipun absen. Hanya saja, Garuda Muda belum pernah sekalipun ke putaran final. Langkahnya selalu kandas di penyisihan grup.  

Penantian timnas baru berakhir tahun lalu. Shin Tae-yong berhasil membawa Garuda Muda ke putaran final setelah berhasil finis di posisi pertama grup K pada babak kualifikasi. 

Di laga terakhir, Indonesia mempermalukan Turkmenistan dengan skor 2-0 pada laga  di Stadion Manahan Solo, September 2023 lalu. Hasil ini membuat Garuda Muda mengoleksi 6 poin dari dua laga. Sebelumnya, timnas juga sukses menggulung Chinese Taipei 9-0. 

Nah dikutip dari situs resmi AFC,  ada sejumlah fakta menarik terkait perhelatan Piala Asia U-23 2024 Qatar. Salah satunya membuat Garuda Muda semakin berambisi untuk bisa mengakhiri langkah di empat besar. Apa saja faktanya? Simak ulasannya berikut ini. 

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])