Zelensky ke Inggris: Ukraina Takkan Kalah dari Rusia

Nusantaratv.com - 09 Maret 2022

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Net)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menegaskan negaranya "tidak akan menyerah" dalam invasi serangan Rusia. Ini disampaikan Zelensky kala berbicara kepada Dewan Rakyat Inggris (House of Commons) melalui video pada Selasa (8/3/2022).

"Kami tidak akan menyerah dan kami tidak akan kalah (dari Rusia). Kami akan berjuang sampai akhir di laut, di udara. Kami akan terus berjuang untuk tanah kami, berapa pun biayanya," kata Zelensky. 

Dalam kesempatan itu, Zelensky mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri Inggris Boris Johnson atas bantuan Inggris. Awal pekan ini, Johnson mengumumkan tambahan bantuan senilai US$302 juta ke Ukraina. Dengan demikian total bantuan Inggris mencapai US$690 juta.

Selanjutnya, mengutip CNN, Zelensky meminta parlemen untuk meningkatkan tekanan sanksi terhadap Rusia dan mengakuinya sebagai negara teroris Dia juga meminta anggota parlemen Inggris untuk memastikan bahwa "langit Ukraina aman."

"Kami tidak ingin kehilangan apa yang kami miliki, negara kami, Ukraina," kata Zelensky, menambahkan, "Sama seperti Anda tidak ingin kehilangan negara Anda...dan Anda harus berjuang untuk Inggris," kata dia.

Diketahui, invasi Rusia ke Ukraina sudah berlangsung dua pekan sejak dimulai pada 24 Februari lalu. Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) mencatat setidaknya 2 juta orang warga Ukraina mengungsi karena serangan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])