Wilayah Udaranya Dimasuki Pesawat Tempur Rusia, Menteri Pertahanan Swedia Berang

Nusantaratv.com - 03 Maret 2022

Pesawat pembom strategis Tupolev Tu-160 Rusia dan jet tempur Su-35S lepas landas di Moskow tengah selama parade militer Hari Kemenangan pada 9 Mei 2021. (Kirill Kudryavtsev/AFP via Getty Images)
Pesawat pembom strategis Tupolev Tu-160 Rusia dan jet tempur Su-35S lepas landas di Moskow tengah selama parade militer Hari Kemenangan pada 9 Mei 2021. (Kirill Kudryavtsev/AFP via Getty Images)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Menteri Pertahanan Swedia, Peter Hultqvist berang. Dia tidak terima wilayah udaranya dimasuki pesawat tempur Rusia.

Hultqvis mendapatkan laporan mengenai pelanggaran wilayah udara ini langsung dari Angkatan Bersenjata negaranya. Dia menanggapi insiden tersebut dengan cepat dan mengecam Rusia.

Dua jet tempur SU27 dan dua SU24 Rusia secara singkat memasuki wilayah udara Swedia di sebelah timur pulau Gotland Swedia di Laut Baltik. Angkatan Bersenjata Swedia mengklaim dalam pernyataannya, pesawat jet JAS 39 Gripen Swedia dikirim untuk mendokumentasikan pelanggaran tersebut.

Hultqvist menegaskan pelanggaran yang dilakukan Rusia tidak dapat diterima. "Pelanggaran Rusia terhadap wilayah udara Swedia tentu saja sama sekali tidak dapat diterima," kata Hultqvist kepada kantor berita TT, dikutip dari Reuters, Kamis (3/3/2022).

Dia menambahkan pesawat tempur yang memasuki wilayah Swedia akan mengarah pada tanggapan diplomatik. Selain itu, kata Hultqvist, kedaulatan dan wilayah Swedia harus selalu dihormati. "Ini akan mengarah pada tanggapan diplomatik yang tegas dari Swedia. Kedaulatan dan wilayah Swedia harus selalu dihormati," imbuhnya.

Kendati demikian, Angkatan Bersenjata Swedia mengatakan situasi dapat dikendalikan dan insiden tersebut menunjukkan kesiapan yang baik dari pihaknya. "Mengingat situasi saat ini, kami memandang peristiwa ini dengan sangat serius," sebut Angkat Bersenjata Swedia di situs web resminya.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])