Ukraina Klaim Bunuh Perwira Tinggi Militer Rusia

Nusantaratv.com - 08 Maret 2022

Pertempuran jalanan tentara Rusia meletus dalam pertempuran memperebutkan ibu kota Ukraina, Kiev. (Sergei Supinsky/AFP)
Pertempuran jalanan tentara Rusia meletus dalam pertempuran memperebutkan ibu kota Ukraina, Kiev. (Sergei Supinsky/AFP)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pihak Ukraina mengklaim telah membunuh salah satu perwira tinggi militer Rusia.

Badan intelijen pertahanan Ukraina mengatakan Mayor Jenderal Angkatan Darat Rusia Vitaly Gerasimov tewas dalam peperangan di dekat kota Kharkiv. Dilansir dari CNBC Internasional, Selasa (8/3/2022), Gerasimov diidentifikasi oleh badan intelijen itu sebagai kepala staf dan wakil komandan pertama Angkatan Darat Gabungan ke-41.

Dia sebelumnya berpartisipasi dalam perang Chechnya, dan aksi militer Rusia di Suriah, menurut postingan Badan intelijen pertahanan Ukraina yang mengumumkan kematiannya.

Kabar kematian Gerasimov juga diungkap seorang jurnalis dari Bellingcat, media nirlaba yang berbasis di Belanda dan salah satu anggota Global Investigative Journalism Network (GIJN). Dalam Twitter-nya dia menyebut bagaimana Rusia telah hilang kontak dengan jenderal itu.

Sebelumnya, dikabarkan wakil komandan Gabungan ke-41 lainnya, Jenderal Andrei Sukhovetsky, tewas oleh penembak jitu Ukraina. Sukhovetsky juga menjadi komandan jenderal Divisi Lintas Udara ke-7 Rusia.

Pekan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengkonfirmasi terkait kematian Sukhovetsky. Invasi Rusia ke Ukraina telah memasuki hari ke-13 pada Selasa (8/3/2022). Putin memutuskan menyerang Ukraina pada 24 Februari lalu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])