Shalat Idul Fitri Harus Dilaksanakan 15 Menit Setelah Matahari Terbit

Nusantaratv.com - 01 April 2024

Ilustrasi. Umat Muslim sedang melaksanakan shalat Idul Fitri. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi. Umat Muslim sedang melaksanakan shalat Idul Fitri. (Foto: Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Idul Fitri atau Lebaran hanya tinggal menghitung hari. 

Idul Fitri merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Setelah melaksanakan puasa Ramadan sebulan penuh, kaum Muslimin dianjurkan mengerjakan shalat Idul Fitri atau shalat Id.

Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah sudah ditentukan waktunya. Pelaksanaannya dilakukan 15 menit setelah Matahari terbit menurut Umm Kalender Al-Qur'an.

Hal itu tertuang dalam instruksi yang disampaikan Menteri Urusan Islam, Panggilan dan Bimbingan Syeikh Abdullatif Al-Sheikh ke seluruh wilayah Kerajaan Arab Saudi, pada Minggu (31/3/2024), seperti dilansir dari Saudi Gazette.

Menteri Urusan Islam, Panggilan dan Bimbingan Syeikh Abdullatif Al-Sheikh. (Foto: Saudi Gazette)

Aturan shalat Idul Fitri dalam Surat Edaran Menteri tersebut menginstruksukan antara lain, shalat Idul Fitri dilakukan di lapangan terbuka serta di dalam semua masjid.

Kecuali di masjid-masjid yang berdekatan dengan lapangan terbuka tempat dilaksanakannya shalat itu, selain juga masjid di beberapa desa dan kota yang tidak digunakan untuk menyelenggarakan shalat Idul Fitri.

Menteri menggarisbawahi pentingnya melakukan persiapan dini untuk mengadakan shalat Idul Fitri di lapangan terbuka dan masjid yang telah ditentukan dengan memastikan semua layanan yang diperlukan.

Termasuk di antaranya pemeliharaan, pembersihan, dan pengoperasian tersedia, sehingga jamaah dapat melaksanakan ibadah mereka secara khusyuk dan penuh kemudahan serta kenyamanan.

Arahan tersebut disampaikan Menteri dalam rangka dukungan yang diterima kementerian dari pimpinan yang bijaksana terhadap pemeliharaan rumah Tuhan agar dapat memberikan segala pelayanan yang dibutuhkan.

Hal tersebut dimaksudkan agar jamaah dapat melaksanakan ritualnya dalam suasana kerohanian dan ketakwaan yang mendalam.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])