Paus Fransiskus akan Berkunjung ke Indonesia Jelang Idul Fitri 2024

Nusantaratv.com - 29 Maret 2024

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar/ist
Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus dikabarkan akan berkunjung ke Indonesia pada 3 April 2024 atau sepekan jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. 

Kabar tersebut disampaikan Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar.

Dalam kunjungannya ke RI, kata Nasaruddin, Paus Fransiskus dijadwalkan mengunjungi Masjid Istiqlal. Paus direncanakan melakukan kunjungan selama tiga hari yakni mulai tanggal 3 sampai 5 April 2024.

"Insyaallah kita juga akan kedatangan tamu khusus juga pada tanggal 3 sampai 5, Paus Fransiskus akan datang berkunjung ke Jakarta, termasuk agendanya adalah ke Istiqlal menyeberang melalui terowongan Istiqlal ke Katedral," kata Nazaruddin dalam sambutannya di acara 'Malam Nuzulul Qur'an' di Masjid Istiqlal, Kamis (28/3/2024).

 Dia menjelaskan, Paus Fransiskus akan berada di Indonesia 3-5 April. Dia mengatakan Paus akan berkunjung ke Masjid Istiqlal melintasi terowongan penghubung dengan Gereja Katedral.

"Insyaallah kita juga akan kedatangan tamu khusus juga pada tanggal 3 sampai 5, Paus Fransiskus akan datang berkunjung ke Jakarta, termasuk agendanya adalah ke Istiqlal menyeberang melalui terowongan Istiqlal ke Katedral," kata Nazaruddin dalam sambutannya di Masjid Istiqlal.

Nazaruddin mengatakan Istiqlal selalu menjadi tempat yang dikunjungi pimpinan-pimpinan dunia ketika berkunjung ke Indonesia, khususnya di Jakarta. Ia menyebut Masjid Istiqlal memang memiliki keunikan tersendiri.

"Tamu-tamu kenegaraan yang datang ke Indonesia selalu juga berkunjung ke Istiqlal karena Masjid Istiqlal sudah menjadi viral di internasional bahwa ada masjid seunik Istiqlal ini," tutur Nazaruddin.

Rencana kedatangan Paus ke Indonesia juga sudah dikonfirmasi oleh Kementerian Luar Negeri RI.

Juru bicara Kemlu RI, Lalu M Iqbal, mengatakan rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia sudah sejak beberapa tahun lalu. Meski sempat terkendala pandemi Covid-19 tetapi rencana tersebut tidak pernah dibatalkan.

"Sebetulnya kan Paus mau berkunjung 2020, tapi batal karena pandemi. Sejak itu, rencana kunjungan tersebut tetap on," kata Lalu Iqbal, Rabu (20/3).

Di sisi lain,  pada 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga pernah mengundang Paus Fransiskus untuk datang ke Indonesia. Jokowi sempat mengirimkan surat ke Vatikan.

Undangan dikirim Jokowi berbarengan dengan rencana Paus Fransiskus melawat ke Asia Tenggara pada 2020.

Pada tahun yang sama, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan. Dalam kesempatan itu, Menag menyampaikan undangan Presiden Jokowi kepada Paus Fransiskus untuk berkunjung ke Indonesia.

Pada pertemuan itu, Menag mengatakan Indonesia merupakan negara yang mampu menjaga perdamaian antarumat beragama. Menag ingin Paus Fransiskus melihat langsung keberagaman di Indonesia.

 


 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])