Rusia Setujui Gencatan Senjata Rabu Pagi

Nusantaratv.com - 09 Maret 2022

Pasukan Rusia. (Net)
Pasukan Rusia. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Rusia mengumumkan rencana gencatan senjata kemanusiaan di Ukraina pada Rabu (9/3/2022) pagi. Ini dilakukan guna dilaksanakannya evakuasi terhadap penduduk sipil.

"Mulai pukul 10.00 MSK (14.00 WIB) pada 9 Maret 2022, Federasi Rusia mendeklarasikan 'rezim diam' dan siap menyediakan koridor kemanusiaan," kata perwakilan Kementerian Pertahanan Rusia yang bertanggung jawab atas operasi kemanusiaan di Ukraina, Rabu (9/3/2022).

Di samping itu, Rusia juga mengusulkan untuk menyetujui rute dan waktu mulai koridor kemanusiaan dengan Ukraina sebelum 03.00 MSK (07.00 WIB).

Sebelumnya, mengutip AFP evakuasi warga sipil terjadi pada Selasa (8/3/2022) pagi, khususnya dari Kota Sumy di mana dua konvoi meninggalkan wilayah tersebut pada siang hari. Evakuasi juga terjadi di luar ibu kota Kyiv.

Tapi, upaya evakuasi dari kota pelabuhan Mariupol gagal pada beberapa kesempatan beberapa hari terakhir. Baik Kyiv dan Moskow menyalahkan pihak lain atas kegagalan itu.

Mengutip CNN, koridor evakuasi dibuka di sejumlah kota yaitu Kyiv, Chernihiv, Sumy, Kharkiv, Mariupol, bersama dengan kota-kota lain yang dinegosiasikan dengan Ukraina.

Melalui sebuah unggahan Telegram, Angkatan Bersenjata Ukraina mengungkapkan Rusia akan meminta agar Ukraina menyetujui rute dan jam buka koridor kemanusiaan dan memberi tahu perwakilan kedutaan asing, PBB, OSCE, dan Palang Merah pada pukul 02.00 di Kyiv pada 9 Maret.

"Sulit untuk mempercayai penjajah," tulis unggahan itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])