Rusia Sebut Islamofobia Sebagai Bentuk Rasisme yang Tidak Dapat Diterima

Nusantaratv.com - 14 Maret 2024

Ilusrasi.  Rusia menilai Islamofobia sebagai bentuk rasisme yang tidak dapat diterima. (Foto: Istimewa/discoverhongkong.com)
Ilusrasi. Rusia menilai Islamofobia sebagai bentuk rasisme yang tidak dapat diterima. (Foto: Istimewa/discoverhongkong.com)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Rusia menganggap Islamofobia sebagai "bentuk rasisme yang tidak dapat diterima".

Hal itu dikatakan juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova pada Rabu (13/3/2024), seperti dilansir dari Anadolu Agency

Berbicara pada konferensi pers di Moskow, Zakharova mengatakan Rusia menyatakan solidaritasnya dengan pendekatan negara-negara Muslim dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mengenai masalah ini.

"Kami menentang diskriminasi dan pelecehan terhadap umat Islam atas dasar afiliasi keagamaan serta untuk memastikan kebebasan beragama berdasarkan penghormatan tidak hanya terhadap individu tetapi juga hak kolektif umat beriman," ujar Zakharova.

Dia menjanjikan dukungan Rusia terhadap rancangan resolusi negara-negara Muslim di Majelis Umum PBB bertajuk "Langkah-Langkah untuk Memerangi Islamofobia" yang didedikasikan untuk Hari Internasional untuk Memerangi Islamofobia, yang diperingati setiap tahun pada 15 Maret.

Zakharova menambahkan, resolusi tersebut menetapkan penghormatan terhadap Islam sebagai komponen prinsip keragaman budaya dan agama dan juga menetapkan penetapan mandat Utusan Khusus PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) untuk memerangi bentuk intoleransi beragama.

"Rusia adalah salah satu sponsor rancangan resolusi tersebut," imbuhnya.

Pekan lalu, Zakharova mengecam Islamofobia di Eropa. Dia mengatakan Islamofobia telah mencapai "skala yang belum pernah terjadi sebelumnya" di Majelis Parlemen Dewan Eropa.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])