Presiden Ukraina Tandatangani Dekrit, Izinkan Pejuang Asing Masuk Tanpa Visa

Nusantaratv.com - 01 Maret 2022

Angkatan Bersenjata Ukraina dalam siaga penuh. (UNIAN)
Angkatan Bersenjata Ukraina dalam siaga penuh. (UNIAN)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menandatangani dekrit pada Selasa (1/3/2022) pagi waktu setempat. Negara itu mengizinkan pejuang asing masuk ke Ukraina tanpa visa.  

"Mulai 1 Maret, Ukraina bebas visa untuk orang asing yang ingin bergabung dengan Legiun Internasional Pertahanan Teritorial Ukraina untuk masa darurat militer," demikian bunyi dekrit tersebut, dikutip dari Anadolu Agency, Selasa (1/3/2022).

Namun, keputusan itu tidak berlaku untuk warga negara Rusia. Legiun Internasional Pertahanan Teritorial Ukraina akan merekrut orang asing yang ingin berjuang untuk negara melawan Rusia. Legiun Internasional Pertahanan Teritorial Ukraina dibentuk oleh pemerintah Ukraina atas permintaan Zelenskyy untuk memerangi invasi Rusia ke Ukraina.

Ukraina pada Minggu (27/2/2022) mengundang orang asing yang bersedia membela negaranya melawan Rusia untuk bergabung dalam pertempuran. "Orang asing yang bersedia membela Ukraina dan ketertiban dunia sebagai bagian dari Legiun Internasional Pertahanan Teritorial Ukraina, saya mengundang Anda untuk menghubungi misi diplomatik asing Ukraina di negara Anda masing-masing," kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba di akun Twitter pribadinya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])