Pesan Jokowi ke Prabowo-Gibran: Habis Pelantikan Langsung Kerja!

Nusantaratv.com - 25 April 2024

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto. (Setkab)
Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto. (Setkab)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sowan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara tadi malam. Pertemuan dilakukan usai pasangan itu ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029 oleh KPU RI. 

Hingga kini, belum diketahui apa hasil pertemuan tersebut. Namun, sebelum pertemuan Jokowi sudah berpesan kepada Prabowo-Gibran agar langsung bekerja usai dilantik sebagai presiden dan wakil presiden RI. 

Hal itu Jokowi sampaikan menanggap putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak seluruh permohonan kubu capres-cawapres yang kalah, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud dalam sengketa hasil Pilpres 2024. Serta penetapan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih oleh KPU. 

"Ya ini kan tahapan proses itu kan sudah hampir selesai semuanya. MK sudah, kita harus menghormati putusan MK sebagai sebuah putusan yang final dan mengikat. Kemudian hari ini juga KPU menetapkan (presiden dan wakil presiden terpilih)," ujar Jokowi di ICE BSD, Tangerang, Banten, Rabu (24/4/2024). 

"Artinya apa? Presiden dan wakil presiden terpilih harus mempersiapkan diri dengan perencanaan-perencanaan yang sudah dikampanyekan, untuk masuk nanti setelah pelantikan langsung kerja," imbuhnya. 

Jokowi pun menegaskan takkan membentuk tim transisi untuk mempersiapkan pemerintahan selanjutnya. 

Namun, pihaknya akan menyiapkan agar transisi pemerintahan berjalan mulus dan baik. Sehingga, Prabowo dan Gibran nantinya bisa langsung bekerja usai dilantik pada 20 Oktober 2024 mendatang. 

"Endak, endak, endak (tidak ada tim transisi). Kita itu menyiapkan agar transisinya itu bisa berjalan mulus dan baik sehingga presiden dan wakil presiden terpilih bisa langsung bekerja setelah dilantik. Kalau itu juga diminta dari presiden dan wakil presiden terpilih," tandas Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close