Padamkan Api di Gudang Amunisi Armed, Pemprov DKI Jakarta Turunkan Robot Khusus Sisir Lokasi Terdampak

Nusantaratv.com - 31 Maret 2024

Petugas pemadam kebakaran menuju lokasi ledakan gudang amunisi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/3/2024). (Foto: ANTARA/Khaerul Izan)
Petugas pemadam kebakaran menuju lokasi ledakan gudang amunisi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/3/2024). (Foto: ANTARA/Khaerul Izan)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Ledakan disertai kebakaran terjadi di Gudang Amunisi Daerah Yon Armed 7/105 GS Bantar Gebang, Pangkalan 4, Desa Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), pada Sabtu, 30 Maret 2024 sekitar pukul 18:30 WIB.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menurunkan dua robot khusus guna memadamkan api di lokasi ledakan. "Malam ini kita mengerahkan hampir 16 unit dengan dua unit robotik ditambah unit-unit mobil pompa," kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI, Satriadi Gunawan, dikutip dari Antara, Minggu (31/3/2024).

Dua robotik itu, jelas dia, bakal menyisir lokasi gudang yang terdampak kebakaran. Sedangkan unit mobil pompa yang lain akan memadamkan api di sekitar wilayah yang terdampak.

Satriadi menambahkan, dua unit robotik yang dikendalikan oleh petugas dari jarak 200 meter itu bertugas mendeteksi titik api yang ada di lokasi. "Robot itu membaca lokasi itu masih ada titik apinya atau tidak? titik panasnya masih ada enggak? Kalau enggak ada berarti kita lihat keterangan, berarti sudah aman," tambah Satriadi.

Menurutnya, jika di kawasan tersebut tidak ada titik api, maka petugas akan masuk untuk melakukan pendinginan dengan teknik khusus. Namun jika robot tersebut mendeteksi titik api, maka robot itu akan melakukan pemadaman dengan menggunakan spray khusus.

Hingga kini, unit-unit yang telah disiapkan jajaran Dinas Gulkamart DKI Jakarta telah masuk ke lokasi gudang yang terbakar.

Diketahui, dentuman senjata yang meledak di Gudang Munisi Daerah Yon Armed 7/105 GS terdengar sangat keras dari rumah-rumah warga sekitar. Kobaran api dan kepulan asap terlihat dengan jelas meskipun langit telah gelap.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])