Nyamar Sebagai Penulis, Warga Korsel Ditahan di Rusia Atas Tuduhan Spionase

Nusantaratv.com - 12 Maret 2024

Ilustrasi. Bendera Rusia. (Foto: Reuters)
Ilustrasi. Bendera Rusia. (Foto: Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Seorang warga negara Korea Selatan (Korsel) bernama Baek Won-soon telah ditangkap di Rusia pada awal tahun ini. 

Dia dituding melakukan kegiatan spionase di Negara Beruang Merah tersebut dengan menyamar sebagai penulis. 

Dilansir dari kantor berita Rusia, TASS, Selasa (12/3/2024), Baek Won-soon ditahan pada awal tahun di kota Vladivostok, Rusia bagian timur dan dibawa ke Moskow pada akhir Februari lalu.

Dia dilaporkan ditahan di Penjara Lefortovo di Moskow dan Pengadilan Lefortovsky pada Senin (11/3/2024) untuk memperpanjang masa penahanannya hingga 15 Juni.  

TASS mengutip seorang pejabat hukum yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan tersangka memberikan informasi rahasia kepada badan intelijen asing dan kasus ini telah diberi label "sangat rahasia".

"Saat menyelidiki kasus Baek Won-soon, penyelidik menetapkan dia memberi tahu lawan bicaranya jika dia adalah seorang penulis dan menerima informasi yang merupakan rahasia negara melalui salah satu layanan pesan (online). Dia seharusnya meneruskan informasi tersebut ke pihak badan intelijen asing," kata sumber itu.

TASS mengungkapkan ini adalah pertama kalinya seorang warga Korea Selatan ditangkap di Rusia atas tuduhan spionase. Baek Won-soon disebutkan telah menikah dan memiliki seorang anak. Dia memperoleh gelar pendidikan tinggi di negaranya.

Di bawah hukum pidana Rusia, tersangka dapat dijatuhi hukuman hingga 20 tahun penjara jika terbukti melakukan tindak spionase.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close