Minta MK Hadirkan Kapolri, Tim Ganjar: Biar Terlihat Intimidasi dan Ketidaknetralan Polisi di Pilpres!

Nusantaratv.com - 02 April 2024

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Antara)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kuasa hukum Ganjar Pranowo dan Mahfud MD meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dihadirkan dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut Ketua Tim Hukum Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, dihadirkannya Kapolri dalam persidangan guna menunjukkan kepada majelis hakim, bahwa banyak polisi yang melakukan dugaan intimidasi, kriminalisasi, serta tak netral dalam kampanye Pilpres. 

"Nanti akan diperlihatkan kepada anda sekalian, bahwa cukup banyak hal-hal yang menyangkut kepolisian. Lihat polisi yang melakukan intimidasi, kriminalisasi, yang terlibat dalam ketidaknetralan dalam kampanye," ujar Todung di MK, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2024). 

"Kami ingin meminta Kapolri juga untuk memberikan penjelasan dan akuntabel dalam kebijakan-kebijakan dan perintah-perintah yang dia lakukan," imbuhnya. 

Di samping itu, pihaknya juga hendak mengetahui kebijakan Polri terkait Pilpres. 

Sebelumnya, kuasa hukum Ganjar mengusulkan agar MK menghadirkan Kapolri Sigit pada sidang sengketa hasil Pilpres. Todung menjelaskan, pihaknya sudah mengirimkan surat ke MK untuk menghadirkan Kapolri.

"Kami sudah melayangkan surat ke MK ya bahwa di samping empat menteri yang akan dihadirkan plus DKPP. Kami juga akan meminta kepada Ketua Majelis untuk menghadirkan Kapolri pada sidang berikutnya," ujar Todung usai sidang sengketa hasil Pilpres hari ini.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])