Kim Jong Un Naik Mobil Pemberian Vladimir Putin Saat Awasi Latihan Perang Udara

Nusantaratv.com - 16 Maret 2024

Pemimpin Korurt Kim Jong Un menghadiri demonstrasi militer dalam gambar yang dirilis pada 16 Maret 2024 oleh kantor berita milik pemerintah Korut. (Foto: KCNA via Reuters)
Pemimpin Korurt Kim Jong Un menghadiri demonstrasi militer dalam gambar yang dirilis pada 16 Maret 2024 oleh kantor berita milik pemerintah Korut. (Foto: KCNA via Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un secara terbuka mengendarai mobil pemberian Presiden Rusia Vladimir Putin. 

Hal itu menjadi bukti nyata persahabat erat antara kedua negara, menurut laporan media milik pemerintah Korut, KCNA, seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (16/3/2024).

Pyongyang dan Moskow telah menjalin hubungan yang lebih erat sejak Kim bertemu Putin di Rusia pada September 2023. Kedua pemimpin negara itu berjanji memperkuat hubungan militer.

Mereka membantah tuduhan Barat jika Korut memasok peluru artileri dan rudal ke Rusia yang digunakan dalam serangan ke Ukraina.

"Perjalanan Kim pada Jumat (15/3/2024) dengan limusin Aurus Rusia adalah bukti nyata persahabatan DPRK-Rusia, yang berkembang secara komprehensif pada tahap baru yang semakin erat," kata saudara perempuan pemimpin Korut, Kim Yo Jong, menurut KCNA.

Foto menunjukkan putri Kim Jong Un, Ju Ae, menghadiri latihan dan upacara pembukaan. (Foto: KCNA via Reuters)

Dalam laporan itu disebutkan Kim menggunakan Republik Demokratik Rakyat Korea, nama resmi Korea Utara. Kim mengawasi latihan perang udara pada Jumat dan mendesak persiapan pertempuran yang "realistis", lapor KCNA.

Hal ini dilakukan menyusul latihan tahunan bersama yang melibatkan Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) yang berakhir pekan ini. "Hanya pelatihan realistis yang terkait langsung dengan peperangan yang dapat mempersiapkan tentara menjadi pejuang tempur sesungguhnya," kata Kim, menurut KCNA.

Latihan gabungan Korsel-AS merupakan yang pertama dihelat sejak Korut pada November 2023 membatalkan pakta militer antar-Korea 2018 yang bertujuan meredakan ketegangan.

Kim juga menghadiri upacara pembukaan pertanian rumah kaca pada Jumat, lapor KCNA. Foto-foto itu menunjukkan putri Kim, Ju Ae, menghadiri latihan dan upacara pembukaan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])