Kebakaran di Gudang Amunisi Armed, Pangdam Jaya: Titik Api Sudah Bisa Dipadamkan

Nusantaratv.com - 31 Maret 2024

Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan memberi keterangan kepada media di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/3/2024). (Foto: ANTARA/Khaerul Izan)
Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan memberi keterangan kepada media di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/3/2024). (Foto: ANTARA/Khaerul Izan)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Kebakaran yang melanda Gudang Amunisi Artileri Medan (Armed) di lokasi perbatasan Bogor-Bekasi, tepatnya di Desa Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), pada Sabtu (20/3/2024) malam, sudah berhasil dipadamkan. 

"Pada jam 03.45 WIB tadi dapat kita pastikan titik api sudah bisa dipadamkan," ujar Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/3/2024).

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, petugas telah melakukan langkah-langkah guna memadamkan api akibat ledakan hingga menimbulkan kebakaran Gudang Amunisi Daerah milik Kodam Jaya yang berisi amunisi kedaluwarsa tersebut.

Saat ini, jelas Mayjen Hasan, petugas sedang dalam proses pendinginan guna mengantisipasi adanya perambatan api, agar bisa dipastikan semua aman. "Tadi kami sudah melakukan langkah-langkah penanganan pemadaman titik api dari gudang nomor enam," jelasnya. 

Sebelumnya, Mayjen Hasan mengatakan, ledakan yang terjadi di Gudang Amunisi Daerah Peralatan Kodam (Paldam) Jaya hingga mengakibatkan kebakaran disebabkan reaksi kimia amunisi yang labil karena sudah kadaluwarsa.

Saat ini kondisi dan situasi gudang peluru yang berada di Ciangsana, Kabupaten Bogor itu sudah sangat aman. "Dapat kami pastikan bahwa sistem pergudangan di Kodam Jaya ini sudah sangat aman," ungkapnya dalam konferensi pers di sekitar lokasi, Sabtu (30/3/2024).

Dia menjelaskan, sistem pergudangan tersebut lokasinya berada di bunker dan di atasnya terdapat tanggul-tanggul yang dapat mengamankan apabila ada ledakan ke samping.

Akan tetapi, memang memungkinkan adanya ledekan dari selosong yang menyebar secara vertikal hingga mencapai beberapa tempat. "Tapi kami pastikan, prosedur maupun sistem ini sudah sedemikian rupa sehingga kalau ada ledakan seperti ini diperkirakan akan aman," tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])