Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Senin Dini Hari

Nusantaratv.com - 15 April 2024

Kondisi arus mudik di Gerbang Tol Cikampek Utama pada Senin (15/4/2024). (Foto: Antara)
Kondisi arus mudik di Gerbang Tol Cikampek Utama pada Senin (15/4/2024). (Foto: Antara)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi bahwa puncak arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah akan terjadi pada Senin (15/4), mengakibatkan peningkatan dalam jumlah kendaraan yang melintasi tol dari GT Kalikangkung ke GT Cikampek Utama.

Menurut Kepala Departemen Pemasaran dan Komunikasi Jasa Marga, Faiza Riani, mengatakan bahwa, "Saat ini terjadi peningkatan jumlah kendaraan dari Trans Jawa menuju Jakarta, namun diperkirakan akan meningkat lebih lanjut pada Senin."

Volume lalu lintas kendaraan per jam dari pukul 06.00 hingga 21.00 WIB dari arah timur Trans Jawa dan Bandung di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama mencapai 102 ribu kendaraan. "Jumlah ini naik 168 persen dari volume lalu lintas normal," tambahnya.

Peningkatan kendaraan terjadi karena banyaknya warga yang melakukan perjalanan dari Jawa Tengah menuju Jakarta. Hal ini dipengaruhi oleh pemberlakuan sistem one way, namun terdapat pertemuan dua arah dari Tol Trans Jawa dengan Tol Cipularang di KM 67 Tol Jakarta-Cikampek.

Jasa Marga mengimbau masyarakat yang memiliki kelonggaran waktu untuk menunda kepulangan ke Jakarta guna menghindari penumpukan. Sebagai insentif, pihak Jasa Marga memberikan potongan harga 20 persen bagi masyarakat yang kembali ke Jabodetabek pada Selasa (16/4) dan Rabu (17/4).

Masyarakat diimbau untuk memastikan kesiapan kendaraan dan diri sebelum melakukan perjalanan, termasuk memeriksa saldo e-toll, bahan bakar, serta kondisi kendaraan dan pengemudi. Selain itu, pengguna jalan diharapkan mematuhi rambu dan arahan petugas di GT Cikampek Utama, karena gangguan kecil pun dapat berdampak pada arus lalu lintas.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close