Israel Klaim Berhasil Gagalkan 99 Persen Serangan 300 Drone dan Rudal yang Tembakkan Iran

Nusantaratv.com - 14 April 2024

konflik Iran dan Israel/APNews
konflik Iran dan Israel/APNews

Penulis: Muslimin

Nusantaratv.com - Militer Israel mengklaim telah berhasil mencegat 99 persen dari 300 lebih serangan drone dan rudal balistik yang ditembakkan Iran.

Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan, Iran menembakkan 170 drone, lebih dari 30 rudal jelajah, dan lebih dari 120 rudal balistik.

Namun, beberapa rudal balistik mencapai wilayah Israel dan menyebabkan kerusakan kecil pada pangkalan udara seperti dikutiip APNews pada Minggu (14/4/2024).

Sementara itu, Presiden Joe Biden mengatakan pasukan AS membantu Israel menjatuhkan hampir semua drone dan rudal dan komitmennya terhadap keamanan Israel, akan membantu dalam menghadapi ancama Iran.

Iran telah bersumpah akan membalas dendam atas serangan udara 1 April di Suriah yang menewaskan dua jenderal Iran di dalam gedung konsulat Iran. Iran menuduh Israel berada di balik serangan itu. Israel belum mengomentari hal ini.

Israel dan Iran berada di jalur yang berlawanan selama perang enam bulan Israel melawan militan Hamas di Jalur Gaza.

Perang meletus setelah Hamas dan Jihad Islam, dua kelompok militan yang didukung Iran, melakukan serangan lintas batas yang menghancurkan pada 7 Oktober yang menewaskan 1.200 orang di Israel dan menculik 250 lainnya.

Serangan Israel di Gaza telah menyebabkan kehancuran luas dan menewaskan lebih dari 33.000 orang, menurut pejabat kesehatan setempat.

Setelah perang meletus, Hizbullah, kelompok militan yang didukung Iran di Lebanon, mulai menyerang perbatasan utara Israel.

Kedua belah pihak terlibat dalam baku tembak setiap hari, sementara kelompok yang didukung Iran di Irak, Suriah dan Yaman telah meluncurkan roket dan rudal ke arah Israel.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])