Iran Luncurkan Serangan ke Israel, Ada Ratusan Lemparan Rudal

Nusantaratv.com - 14 April 2024

Roket Hizbullah tembus Iron Dome Israel
Roket Hizbullah tembus Iron Dome Israel

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Iran telah meluncurkan beberapa ratusan drone dan rudal balistik ke Israel, hal itu terjadi pada Minggu, (14/4/2024) pagi.

Serangan tersebut menandai pertama kalinya Iran melancarkan serangan militer langsung terhadap Israel, sejak Revolusi Islam 1979.

Juru bicara militer Israel, Laksamana Muda Daniel Hagari, mengatakan pertahanan udaranya siap menghadapi serangan itu.

"Tentara akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk melindungi keamanan Negara Israel," tegasnya dikutip dari laman Associated Press, pada Minggu, (14/4/2024).

Militer Israel mengatakan lebih dari 100 drone telah ditembakkan dan pertahanan udaranya siap menghadapi serangan itu.

Kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan ia berbicara dengan Presiden AS Joe Biden Minggu pagi.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. (Foto: Reuters).

Biden mengatakan komitmennya terhadap keamanan Israel, akan membantu dalam menghadapi ancama Iran.

Iran telah bersumpah membalas dendam sejak serangan udara 1 April di Suriah menewaskan dua jenderal Iran di dalam gedung konsuler Iran. Iran menuduh Israel berada di balik serangan itu.

Israel dan Iran telah berada di jalur tabrakan selama perang enam bulan melawan militan Hamas di Jalur Gaza. 

Perang meletus setelah Hamas dan Jihad Islam, dua kelompok militan yang didukung oleh Iran, melakukan serangan lintas perbatasan yang menghancurkan pada 7 Oktober yang menewaskan 1.200 orang di Israel dan menculik 250 lainnya.

Serangan Israel di Gaza telah menyebabkan kehancuran yang meluas dan menewaskan lebih dari 33.000 orang, menurut pejabat kesehatan setempat.

Hampir setelah perang meletus, Hizbullah, sebuah kelompok militan yang didukung Iran di Lebanon, mulai menyerang perbatasan utara Israel. Kedua belah pihak telah terlibat dalam baku tembak setiap hari, sementara kelompok-kelompok yang didukung Iran di Irak, Suriah dan Yaman telah meluncurkan roket dan rudal ke Israel.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])