Innalillahi, Eks Gubernur Jawa Barat Solihin GP Meninggal Dunia

Nusantaratv.com - 05 Maret 2024

Solihin GP/Instagram
Solihin GP/Instagram

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Innalillahiwainnailaihirojiun. Telah berpulang ke rahmatullah, salah satu tokoh Jawa Barat (Jabar) yang juga mantan Gubernur Jawa Barat, Solihin Gautama Purwanegara atau biasa disingkat Solihin GP.

Solihin GP yang terakhir menyandang pangkat Letjen TNI (Purnawirawan) meninggal dunia pada Selasa (5/3/2024) pukul 02.45 WIB di RS Advent Bandung di usia 97 tahun.

Salah seorang yang mengunggah kabar berpulangnya Solihin GP adalah Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK).

Lewat postingan Instagramnya, Selasa (5/3/2024). JK mendoakan kepulangan Solihin GP.

"Semoga almarhum Bpk Solihin GP, husnul khotimah. Al Fatihah," tulis JK dalam postingannya.

Selain JK, Erick Thohir juga mengunggah kabar kepergian Solihin GP lewat media sosial Instagramnya.

Diketahui, Solihin GP merupakan Gubernur Jabar periode 1970-1975. Dia merupakan purnawirawan Letjen Jenderal TNI. Dia juga pernah menjabat sebagai Anggota MPR pada tahun 1998.

Rencananya almarhum akan dibawa ke rumah keluarga besar di Jl Cisitu Indah, Dago, Bandung pada pukul 07.00 - 09.00 WIB. Kemudian, jasad almarhum akan dibawa ke Mako II Kodam III Siliwangi di Jl Sumbawa No 22 Bandung sekitar pukul 09.30 hingga 12.30 WIB.

"Rencananya akan dimakamkan di TMP Cikutra, sekitar pukul 13.30 WIB," kata salah satu sumber detikJabar.

Solihin GP mengawali karier militernya ketika masa revolusi sebagai komandan Tentara Keamanan Rakyat Kabupaten Bogor, kemudian bergabung dengan Divisi Siliwangi. Salah satu kiprahnya yang mencuat, yakni ketika ia mengatasi krisis pangan di Indramayu dengan memasyarakatkan padi yang disebut dengan gogo rancah.

Ia juga dikenal sebagai sesepuh Jawa Barat dan Siliwangi, pejuang lingkungan dan pendiri Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])