Ini yang Dilakukan Polisi Kalau Jalan Tol Penuh Gara-gara Puncak Arus Balik

Nusantaratv.com - 15 April 2024

Arus mudik Lebaran 2024. (Antara)
Arus mudik Lebaran 2024. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Puncak arus balik pemudik diperkirakan terjadi malam ini. Pihak terkait telah menyiapkan jalur arteri sebagai alternatif, apabila jalan tol ke Jakarta penuh.

"Apabila jalur tol tetap penuh, maka kami mempersiapkan jalur arteri untuk menjadi alternatif di titik-titik tertentu," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Gerbang Tol Cikampek Utama, Senin (15/4/2024).

Kapolri menegaskan, rekayasa lalu lintas yakni sistem satu arah atau one way dan contra flow di tol arah Jakarta tetap dilakukan guna mengurai kepadatan kendaraan pemudik saat arus balik. Pihaknya juga akan melakukan pengalihan arus apabila terjadi kemacetan di jalur arteri, khususnya kawasan wisata.

"Kebijakan terkait one way, kemudian contraflow, tetap akan kita laksanakan termasuk juga pengalihan arus di jalur arteri juga tetap akan kita laksanakan," jelas dia. 

"Ini mohon juga masyarakat bisa memaklumi, karena memang itu harus kita lakukan agar yang akan melaksanakan balik kegiatan di jalur wisata, semuanya bisa terlayani dengan baik," imbuh Sigit.

Kepolisian bakal memperhitungkan kapasitas jalur arteri. Pihak tol dan petugas di jalur arteri bakal terus berkoordinasi untuk memperlancar arus balik ke Jakarta.

"Itupun juga kita atur kalau memang di jalur arteri maksimal itu per jamnya hanya 800 kendaraan, apabila lebih dari itu kita tidak akan masukkan. Jadi di antara petugas yang ada di jalan tol dan ada petugas yang di jalan arteri tentunya akan saling menginformasikan," tandas Kapolri.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close