Hama Tikus Merajalela, Petani di Kabupaten Sikka Terancam Gagal Panen

Nusantaratv.com - 17 Februari 2022

Salah seorang petani di Kabupaten Sikka sedang menunjukan jagung di kebun miliknya yang diserang hama tikus. Foto (Istimewa)
Salah seorang petani di Kabupaten Sikka sedang menunjukan jagung di kebun miliknya yang diserang hama tikus. Foto (Istimewa)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Ratusan hektar tanaman padi dan jagung di dusun Kampung Baru, Desa Talibura, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Terserang Hama Tikus. Akibatnya Para Petani di wilayah tersebut terancam gagal panen.

Fransiska Salvia, warga Dusun Kampung Baru, Desa Talibura menjelaskan, ratusan hektar lahan tanaman padi dan jagung di Dusun Kampung Baru, Desa Talibura sudah siap panen, namun mendadak terserang hama tikus yang menggerogoti batang padi hingga putus.

"Sejak tiga minggu terakhir, tanaman padi dan jagung diserang hama tikus. Semua tanaman kami rusak diserang hama tikus," kata Fransiska Salvia kepada awak media Rabu, (16/2/2022).

Sementara itu, warga lainnya mengatakan, tanaman padi dan jagung yang diserang oleh hama tikus diperkirakan mencapai ratusan hektar.

"Bebagai upaya termasuk memburu tikus sudah dilakukan petani, namun upaya ini belum juga berhasil untuk mengurangi serangan hama tikus", kata Matias Wonga 

Ia menjelaskan, para petani di Desa Talibura khawatir akan mengalami gagal panen akibat serangan hama tikus ini

Dia berhararap ada upaya dari pemerintah Kabupaten Sikka dalam mengatasi serangan hama tikus tersebut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])