Disperindag Batam: HET LPG 3 Kg Naik Jadi Rp21 Ribu/Tabung

Nusantaratv.com - 21 Desember 2023

Kepala Disperindag Kota Batam Gustian Riau (kanan) dan Wakil Ketua DPC Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Kepri Adrian Fensuri (kiri) (ANTARA/Jessica)
Kepala Disperindag Kota Batam Gustian Riau (kanan) dan Wakil Ketua DPC Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Kepri Adrian Fensuri (kiri) (ANTARA/Jessica)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Kepulauan Riau menyebutkan Harga Eceran Tertinggi (HET) LPG 3 kg di seluruh pangkalan di daerah setempat naik menjadi Rp21 ribu/tabung, yang sebelumnya Rp18 ribu/tabung.

Kepala Disperindag Kota Batam Gustian Riau di Batam, Kamis mengatakan harga tersebut mulai berlaku mulai besok, Jumat (22/12).

Ia menjelaskan perubahan HET LPG subsidi tersebut berdasarkan hasil kajian Pemkot Batam menggunakan konsultan jasa penilai publik (KJPP).

"HET LPG 3 kg Rp18 ribu itu sudah dari tahun 2014 atau selama 9 tahun belum mengalami penyesuaian harga. Setelah kami lakukan kajian, penyesuaian HET dari sebelumnya itu menjadi Rp21 ribu dan akan kita terapkan mulai besok," kata Gustian.

Ia menyampaikan pembahasan panjang juga melalui rapat internal Pemkot Batam berkonsultasi dengan Dirjen Migas Kementerian ESDM dan pembahasan bersama Pemprov Kepri.

Lebih lanjut, kata Gustian penyesuaian HET LPG dilakukan dengan mempertimbangkan tiga faktor di antaranya peningkatan biaya transportasi, kenaikan kurs dolar Singapura yang saat ini Rp11.600 dan kenaikan UMK Kota Batam.

"Penyesuaian HET sebelumnya sudah dilakukan di Kabupaten Bintan dan Karimun, mereka sudah penandatanganan. Hanya saja belum diberlakukan, karena masih menunggu Kota Batam. Jadi kita termasuk yang ketiga di wilayah Kepri ini yang melakukan penyesuaian HET LPG subsidi 3 kg," ujar dia.

Wakil Ketua DPC Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Kepri Adrian Fensuri menyampaikan sebelum melakukan usulan penyesuaian harga, pihaknya telah melakukan kajian bersama instansi terkait.

"Keseluruhan pemerintah kabupaten kota se-Kepri juga kita sudah melakukan sosialisasi dan rapat bersama," kata Adrian.

"Dari 2014 sampai 2023 belum ada penyesuaian sama sekali. Pada tahun ini kami bersurat ke Disperindag Kota Batam untuk melakukan audiensi terkait hal ini dan mengusulkan penyesuaian HET LPG 3 kg ini sebesar Rp23 ribu. Namun hanya disetujui Rp21 ribu," tambah dia.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])