Daftar Kandidat Calon Gubernur Sumatera Utara 2024

Nusantaratv.com - 23 April 2024

Kantor KPU RI. (Antara)
Kantor KPU RI. (Antara)

Penulis: Alber Laia | Editor: Tasya Paramitha

Nusantaratv.com - Sejumlah nama diduga bakal maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Utara 2024.

Beberapa nama yang diketahui saat ini dari berbagai sumber bakal maju di Pilkada tahun ini, di antaranya mantan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, dan Wali Kota Medan sekaligus menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution.

Edy Rahmayadi dan Nikson Nababan akan diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Sementara Bobby, disebut-sebut telah mendapat tugas dari Partai Golkar untuk maju sebagai kandidat Gubernur Sumut.

Golkar juga menugasi kadernya, Musa Rajekshah untuk maju dalam Pilkada Sumut 2024.

Berikut daftar nama calon yang maju dalam Pilkada Sumut 2024

1. Edy Rahmayadi

Instagram @edi_rahmayadi.

Dalam syukuran ulang tahunnya yang ke-63, Edy Rahmayadi mengungkapkan jika ia siap maju pada Pilkada 2024, bertarung kembali mendapatkan kursi menjadi orang nomor 1 di Sumut.

"Saya sudah putuskan untuk menjadi Gubernur Sumut lagi," ucap Edy saat merayakan ulang tahunnya ke-63 di kediamannya, pada Minggu, (10/3/2024).

Ketua TPD Amin Sumut ini, mengaku sudah berkomunikasi kepada sejumlah partai politik, untuk mengusungnya pada Pemilihan Gubernur Sumut 2024.

2. Nikson Nababan

Instagram @nikson_h_nababan.

Selain Edy, Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan juga bakal dalam Pilkada Sumut 2024.

Nikson Nababan adalah Bupati Tapanuli Utara sejak 2014 hingga saat ini. 

Bupati Tapanuli Utara selama dua periode itu mengaku siap menjadi bakal calon gubernur Sumut dan mengembangkan potensi wilayah Sumut.

3. Boby Nasution

Instagram @bobbynst.

Langkah Wali Kota Medan, Bobby Nasution naik kelas jadi Gubernur Sumut. Sejauh ini sudah ada dua partai yang memberikan restu kepada menantu Presiden Joko Widodo itu.

Dua partai tersebut adalah Partai Golkar dan PAN.

Pada November 2023, Waketum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia mengatakan jika pihaknya memberikan dua pilihan kepada suami Kahiyang Ayu itu, yaitu sebagai Wali Kota Medan dua periode atau calon Gubernur Sumut 2024.

Sementara itu, dukungan PAN ke Bobby Nasution maju di kancah Pilgub Sumut disampaikan langsung oleh Ketua Umum PAN Sulkifli Hasan.

Hal itu dari unggahan Zulhas di Instagram resminya pada Jumat (15/12/2023). Dalam unggahan tersebut, Zulhas mengatakan jika PAN pertama kali mendukung Bobby maju sebagai Wali Kota Medan.

4. Musa Rajekshah

Instagram @musa_rajekshah.

Selain Bobby, Golkar juga menugaskan Musa Rajekshah untuk maju dalam kontestasi Pilkada 2024.

Pencalonan Musa untuk Pilkada Sumut 2024 juga sudah diketahui Bobby. Namun, belum dipastikan apakah Bobby dan Musa akan diusung secara berpasangan atau dipilih salah satu.

Nama Musa atau lebih dikenal Ijeck tidak asing bagi warga Sumut. Sebelumnya, Musa pernah berpasangan dengan Edy dalam Pilkada Sumut 2018.

Pasangan tersebut berhasil unggul dengan perolehan suara 3.291.137 atau 57,57 persen.

Sebelumnya diketahui Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan jadwal sekaligus tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 

Ketetapan tersebut diatur pada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Meski begitu, perkembangan politik di Sumut masih terus berkembang dan dinamis, begitu pula nama-nama yang akan maju pada Pilgub Sumut 2024.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])