Antisipasi Penyebaran Hepatitis 'Misterius', Gubsu Edy Rahmayadi Bentuk Tim Khusus

Nusantaratv.com - 10 Mei 2022

Gubsu Edy Rahmayadi/ist
Gubsu Edy Rahmayadi/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Berkaca dari kasus tiga pasien anak yang diduga meninggal dunia akibat terinfeksi hepatitis 'misterius' di DKI Jakarta. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) langsung membentuk tim khusus untuk mengantisipasi penyebaran penyakit yang menyerang anak-anak tersebut. 

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan, tim yang dibentuk bertugas mempelajari persoalan penyakit hepatitis misterius tersebut, sekaligus merumuskan langkah-langkah antisipatif agar penyebarannya tak sampai ke Sumut.

"Kami antisipasi dengan membentuk tim. Kami pelajari. Makanya kami minta masyarakat untuk selalu hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan. Tetap pakai masker, orang tua juga kami ingatkan untuk menjaga protokol kesehatan. termasuk bagi balita," ujar Edy, Senin (9/5/2022). 

Mantan Pangkostrad itu menjelaskan tim yang dibentuk ini terdiri atas para dokter ahli di bidangnya. Termasuk dokter ahli penanganan pandemi.

"Tim ini dipimpin Dokter Zainal dari RSUP Haji Adam Malik Medan. Kemudian ada Dokter Inke Lubis dan dokter-dokter ahli lainnya. Kami percayakan kepada mereka untuk mengantisipasi masuknya hepatitis misterius ini ke sumut," katanya, mengutip Inewsid.

Diketahui, sebanyak 3 pasien anak dilarikan ke RSUP Cipto Mangunkusumo Jakarta karena terjangkit hepatitis misterius. Ketiganya dirawat hingga akhirnya meninggal dunia dalam rentang waktu dua pekan terakhir hingga 30 April 2022.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])