4.051 Polisi Jaga KPU Amankan Penetapan Prabowo-Gibran Pemenang Pilpres 2024

Nusantaratv.com - 24 April 2024

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi. (Antara)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi. (Antara)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Polda Metro Jaya mengerahkan sebanyak 4.051 personel untuk keamanan acara Penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) pada Rabu (24/4). 

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Ade Ary Syam Indradi, personel tersebut akan dibagi menjadi 6 sektor, termasuk di antaranya Sektor KPU RI, Bawaslu RI, Istana Negara, Kedutaan Besar Negara Asing, Bundaran HI, dan DPR/MPR RI.

Rekayasa lalu lintas di sekitar Gedung KPU RI akan disesuaikan secara situasional, dengan kemungkinan pengalihan arus jika diperlukan.

"Jika ekskalasi meningkat dan diperlukan, selanjutnya, akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas," kata Ade Ary Syam Indradi.

Masyarakat diimbau untuk mencari jalur alternatif karena kegiatan penetapan presiden dan wakil presiden terpilih akan berlangsung di tempat tersebut.

Selain memastikan keamanan, Polda Metro Jaya juga mengimbau kepada masyarakat yang hadir untuk memberikan dukungan atau menyampaikan pendapat di muka umum untuk memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya sesuai dengan undang-undang pernyataan pendapat.

Ade Ary menegaskan pentingnya bertindak persuasif dan mengedepankan negosiasi serta pelayanan yang humanis selama pengamanan berlangsung.

Polda Metro Jaya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kamtibmas, kerukunan, dan persatuan bangsa, serta berdoa bersama untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Penetapan pemenang Pilpres 2024 dilakukan di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, kurang dari tiga hari setelah pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi mengenai perselisihan hasil pemilu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])