4 Fakta Le Minerale Tersandung Isu Kandungan Tinggi Bromat

Nusantaratv.com - 22 April 2024

Air minum dalam kemasan (freepik)
Air minum dalam kemasan (freepik)

Penulis: Adiansyah | Editor: Tasya Paramitha

Nusantaratv.com - Kabar air minum dalam kemasan yang disebut punya kandungan zat bromat, berpotensi membahayakan bagi kesehatan sempat ramai beredar di media sosial beberapa waktu lalu.

Dalam video yang beredar mengklaim jika banyak brand air minum terdapat kandungan bromatnya. Salah satunya muncul Le Minerale, yang disebut memiliki kandungan tinggi bromat atau melebihi batas aman dari aturan BPOM. 

Berikut ini fakta-faktanya, dihimpun dari berbagai sumber.

Fakta Le Minerale Sempat Tersandung Hoaks Bromat

1. Awal Mula Le Minerale Disebut Memiliki Kandungan Bromat

Media sosial sempat diramaikan dengan seorang content creator TikTok yang menyebarkan misinformasi hasil uji laboratorium dari sejumlah air mineral dalam kemasan (AMDK). 

Dalam tayangan video, dia mengklaim kandungan bromat dalam beberapa AMDK melebihi ambang batas aman.

Hal cukup mengejutkan dari postingan video tersebut adalah Le Minerale, disebut punya kandungan bromat tinggi atau melebihi batas aman dari aturan BPOM. 

Tidak tanggung-tanggung angkanya mencapai 58,8 dengan data hasil uji lab yang sumbernya tak dijelaskan lebih detail.

2. Manajemen PT Tirta Fresindo Jaya Buka Suara

Mengenai pemberitaan tersebut, Manajemen PT Tirta Fresindo Jaya selaku produsen Le Minerale mengungkapkan penjelasannya. 

Febri Satria Hutama selaku Marketing Director Le Minerale, mengatakan Le Minerale mengecam hoaks tersebut yang memang tidak berdasar pada fakta dan data.

"Video itu jelas tak berdasar dan tendensius," ungkapnya kepada awak media. 

"Hasil pengujian di bawah ambang batas aman itu berlaku untuk semua pabrik (fasilitas pengolahan air minum). Le Minerale dan uji ini kami lakukan secara berkala untuk memastikan bahwa Le Minerale aman untuk dipasarkan," sambung Febri.

Febri lantas mengatakan jika masyarakat jangan sampai termakan berita hoaks terkait Le Minerale ada kandungan bromat.

"Masyarakat jangan termakan hoaks. Sebagai produsen air minum kemasan milik perusahaan Indonesia yang telah memiliki Nomor Izin Edar (NIE) yang dikeluarkan oleh BPOM, “ ujarnya, 

“Le Minerale telah mengikuti seluruh parameter SNI dan diproduksi mengikuti standar tertinggi industri air kemasan dan keamanan pangan. Oleh karenanya, semua produk Le Minerale terjamin aman," katanya lagi. 

3. Le Mineral Ekspor ke Luar Negeri

Bukti air minum dalam kemasan tersebut aman di konsumsi, Le Minerale telah diekspor ke negara-negara lainm dan lolos uji coba. 

“Le Minerale saat ini bahkan telah diekspor dan lolos uji di negara-negara tersebut yang kita tahu telah memiliki aturan ketat terkait kadar bromate ini,” terangnya. 

“Hal ini jelas menguatkan bahwa Le Minerale aman dikonsumsi dan mematahkan video yang beredar,” pungkas Febri.

4.Guru Besar UGM Sebut Le Minerale Tak Mengandung Bromat

Mengutip dari website Universitas Gadjah Mada (UGM), Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt., menanggapi hal tersebut. Menurutnya, pernyataan yang disampaikan oleh konten kreator itu tidak benar.

Zullies mengatakan jika bromat adalah produk sampingan yang terbentuk ketika air minum didesinfeksi dengan proses ozonasi. 

Bromat bukan senyawa yang normal terdapat secara alami di air. Bomat merupakan senyawa yang tidak memiliki rasa atau warna.

“Jadi, jika sang influencer bilang bahwa bromat itulah yang membuat rasa agak manis, yang itu sering dijadikan tagline promo produk air tersebut “yang ada manis-manisnya”," terangnya. 

“Maka itu sebenarnya adalah tidak benar, karena bromat itu tidak berasa,”paparnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])