188 Ribu Kendaraan Diprediksi Masuk Jakarta Malam Ini

Nusantaratv.com - 15 April 2024

Arus mudik Lebaran 2024. (Antara)
Arus mudik Lebaran 2024. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Polisi memperkirakan 188 ribu kendaraan mengarah ke Jakarta pada malam ini. Itu terjadi jika imbauan kerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk aparatur sipil negara (ASN) 16-17 April tak dihiraukan.

"Ini kan perkiraan 188 ribu malam ini ya. Kalau imbauan WFH tidak dihiraukan, berarti ada 188 ribu yang akan melewati pada hari ini dan malam nanti sampai dini hari," ujar Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan, di Gerbang Tol Cikatama, Senin (15/4/2024).

Menurut Aan, jika 188 ribu kendaraan masuk Jakarta, visi rasionya mencapai 0,9. Angka tersebut, kata dia sangat tinggi.

"Artinya apa? Kemungkinan perjamnya juga sudah melebihi 8.000 (kendaraan)," ucapnya.

Adapun upaya terakhir yang disiapkan guna mengantisipasi kepada arus balik, yaitu rekayasa lalu lintas sistem satu arah atau one way dari Tol Jakarta-Cikampek KM 70 hingga KM 47.

"Itu yang pertama. Yang kedua, akan mengeluarkan di exit-exit sebelum Cikatama, dikeluarkan lewat arteri," jelas dia.

Pihaknya pun akan menghitung kapasitas dan kemampuan jalur arteri terhadap daya tampung kendaraan. Jangan sampai nantinya terjadi stuck di jalur arteri.

"Jangan sampai nanti counting-nya hanya 1.800 per jamnya, ternyata limpah sekitar 1.000 di sana sudah ada 1.000, ini akan terjadi stuck. Itu akan kita cermati betul untuk penerapan one way dari (KM) 70 sampai (KM) 47, termasuk mengeluarkan di gerbang-gerbang tol sebelum Cikatama," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])