Wagub DKI: Jual Saham Bir Penuhi Janji Anies-Sandi

DKI memiliki saham bir Anker di PT Delta Djakarta

Bir Anker. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan rencana penjualan saham perusahaan bir PT Delta Djakarta merupakan upaya memenuhi janji kampanye Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilkada DKI 2017.

Riza menyebut tak ada pihak yang dirugikan terkait rencana Pemprov DKI Jakarta untuk menjual saham kepemilikan pada perusahaan Bir PT Delta Djakarta.

"Tugas kami memenuhi janji (kampanye). Anies-Sandi memenuhi janjinya untuk menjual saham di PT Delta. Tidak ada yang dirugikan, provinsi tidak dirugikan. Masyarakat tidak dirugikan. Teman-teman DPRD juga tidak dirugikan," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Riza mengatakan uang hasil penjualan saham di PT Delta justru bisa digunakan untuk kepentingan lain. Salah satunya termasuk penanganan covid-19 hingga infrastruktur di Ibu Kota.

"Jadi kalau itu dijual kepada publik, uangnya diterima kembali bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lainnya. Umpamanya untuk kepentingan Covid, pendidikan, kepentingan masyarakat umum, untuk infrastruktur," kata dia.

Riza mengatakan pihaknya memiliki alasan dan kajian untuk menjual saham itu. Namun demikian, ia menyatakan penjualan saham itu tidak bisa hanya diputuskan oleh eksekutif namun DPRD DKI selaku pihak legislatif juga harus menyetujui.

"Harus mendapat persetujuan dari teman-teman DPRD. Kita tunggu saja. Di DPRD nanti tentu akan dilakukan pengkajian. Apakah keinginan dari Pemprov, dari kami, untuk menjual saham PT Delta dimungkinkan atau tidak. Ya kita bisa diskusi," kata dia.

"Kenapa Pemprov ingin menjual punya alasan. Nanti teman-teman DPRD silakan dikaji, dipelajari, dibahas," kata dia menambahkan.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi sebelumnya mempertanyakan alasan Pemprov DKI Jakarta yang ingin menjual saham kepemilikan pada perusahaan Bir PT Delta Djakarta.

"Bukan masalah menguntungkan atau tidak. Itu enggak ada salahnya. Kita tidak pernah menyuntikkan dana ke PT Delta. Ini ada apa? Ini ada apa orang yang menggebu-gebu untuk menjual (saham) PT Delta," kata Prasetyo kepada wartawan, Selasa (2/3/2021).

Dalam kampanye Pilkada DKI 2017, Anies berjanji melepas saham Pemprov DKI di PT Delta. Ia beralasan ingin menjauhkan generasi muda dari minuman keras.

Selain itu, 26,25 persen saham PT Delta yang dimiliki Pemprov DKI dinilai tidak menguntungkan.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK