Tak Goyah Dihantam Pandemi Covid-19, Ini Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia

Di urutan ke sepuluh ada Djoko Susanto pengusaha supermarket dengan total kekayaan US$ 1,7 miliar setara Rp24,6 triliun.

Ilustrasi uang dan emas batangan/ist

Jakarta, Nusantara TV-Meski kurang lebih dua tahun sudah Indonesia dilanda pandemi covid-19 yang membuat perekonomian terpuruk. Namun menariknya jumlah orang kaya di Indonesia pada 2020 justru semakin bertambah. 

Fakta menarik itu terungkap dari laporan yang dirilis Credit Suisse. Disebutkan jumlah orang dengan kekayaan di atas US$ 1 juta atau setara dengan Rp 14,49 miliar (kurs dollar Rp 14.486) di Indonesia ada sebanyak 172.000 orang. Bertambah 62,3% dibandingkan tahun sebelumnya (year-on-year/yoy) seperti dikutip dari detik, Rabu (14/7/2021).

Bertambahnya jumlah orang kaya di Tanah Air karena kenaikan harga aset. Salah satunya didorong oleh suku bunga rendah yang mendorong harga aset di pasar keuangan.

Berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia:

Posisi puncak ditempati R Budi Hartono yang memiliki bisnis perbankan dan tembakau dengan total kekayaan US$ 20,5 miliar atau setara Rp296,10 triliun. 

Diikuti Michael Hartono yang juga menggeluti bisnis perbankan dan tembakau dengan total pundi-pundi kekayaan US$19,7 miliar setara Rp285,4 triliun. 

Prajogo Pangestu yang memiliki bisnis petrokimia menempati peringkat ketiga total harta US$ 6,5 miliar setara Rp100 triliun.

Baca juga: Ini Daftar Orang Terkaya di Indonesia Versi Majalah Forbes 2021

Di urutan keempat ada Chairul Tanjung dengan bisnis yang terdiversifikasi memiliki total kekayaan US$ 4,8 miliar setara Rp69,5 triliun.

Kemudian di posisi kelima ada Tahir dan Keluarga juga dengan bisnis terdiversifikasi memiliki total kekayaan US$ 3,3 miliar setara Rp47,8 triliun.

Eddy Kusnadi Sariaatmadja yang memiliki bisnis media dan teknologi menempati urutan keenam dengan total kekayaan US$ 3 miliar setara Rp43,4 triliun. 

Disusul Jerry Ng yang memiliki bisnis perbankan di peringkat ketujuh dengan total kekayaan US$ 2,5 miliar setara Rp36,2 triliun.

Nama Theodore Rachmat menduduki peringkat kedelapan. Pengusaha dengan bisnis terdiversifikasi ini memiliki total kekayaan US$ 1,7 miliar setara Rp23,8 triliun.

Mochtar Riady dan Keluarga dengan bisnis terdiversifikasi menyusul di urutan ke sembilan, memiliki total kekayaan US$ 1,7 miliar setara Rp24,6 triliun

Dan terakhir di urutan ke sepuluh ada Djoko Susanto pengusaha supermarket dengan total kekayaan US$ 1,7 miliar setara Rp24,6 triliun. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK