Warga Korea Selatan Dukung Shin Tae-yong Bawa Indonesia Tampil di Olimpiade 2024

Nusantaratv.com - 29 April 2024

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Netizen Korea Selatan (Knetz) ternyata memberikan dukungan kepada pelatih Shin Tae-yong agar bisa membawa Timnas Indonesia U-23 mentas di Olimpiade 2024 Paris.

Sejatinya, perasaan Shin Tae-yong tentu campur aduk karena setelah tim besutannya, yakni Timnas Indonesia sukses memulangkan negaranya sendiri dari babak perempatfinal Piala Asia U-23.

Bahkan, Shin Tae-yong pun tak lupa mengucapkan permintaan maaf kepada seluruh warga Korea Selatan pasca-pertandingan tersebut.

Sebab, karena ulahnya tim berjuluk Taeguk Warriors harus mengubur mimpi untuk kembali tampil di Olimpiade setelah sebelumnya sukses mentas dalam 10 ajang beruntun.

"Saya benar-benar minta maaf kepada rakyat Korea Selatan. Maafkan aku, dunia ini sangat kejam dan saya bukan hanya bermain sebagai pemain (Korea) saat ini harus bekerja keras," kata Shin Tae-yong saat diwawancari YouTube MBC, Big News, Minggu (28/4).

"Sekali lagi maafkan saya telah menyebabkan Korea mendapat banyak kerugian. Saya bekerja di Indonesia, namun kewarganegaraan saya tetap Korea jadi jangan terlalu banyak membenciku. Saya harap kalian terus memberikan dukungan kepada saya. Terima kasih," ucap Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong memang tinggal selangkah lagi untuk bisa membawa Timnas Indonesia mentas di Olimpiade Paris 2024.

Skuad Garuda Muda hanya perlu menang pada laga semifinal Piala Asia U23 kontra Uzbekistan untuk mengantongi tiket tersebut.

Jika pada laga nanti pasukannya kalah, peluang mereka untuk tampil di Olimpiade masih tetap terbuka dengan memperebutkan posisi peringkat tiga terbaik.

Dan jika pada laga itu Timnas Indonesia kalah lagi, mereka bisa melalui jalur play-off melawan tim wakil Afrika, Guinea.

Dukungan kepada Shin Tae-yong untuk membawa Timnas Indonesia U-23 tampil di olimpiade pun mendadak ramai di media sosial. Bahkan, dukungan yang datang sangat diluar dugaan.

Pasalnya, bukan hanya dari masyarakat Indonesia saja, dukungan juga datang dari warga Korea Selatan melalui media sosial. Sebagian besar Knetz memilih untuk mendoakan anak asuh Shin Tae-yong bisa menembus final Piala Asia U23 2024 dan mencetak sejarah besar tampil di ajang Olimpiade.

Dukungan tersebut datang dari kolom komentar YouTube MBC hingga  Minggu (28/4/2024).

"Meski Korea sudah kalah, saya akan tetap mendukung Coach Shin, saya pasti mendukung Indonesia agar bisa ke Olimpiade."

"Aku mendukungmu Coach Shin! Saya harap kamu bersama dengan bagian Korea, akan mencapai tujuanmu! Berjuanglah!"

"Coach Shin, tidak ada yang perlu kamu sesali, olahraga tetaplah olahraga. Dan Korea juga memerlukan perubahan. Saat saya menonton pertandingan Indonesia, itu bukan tim yang dulu tapi saya terkejut ketika melihat pertandingan penuh. Saya dengar tim seperti ini bisa terbentuk hanya dengan mengganti pelatih, terima kasih sudah melakukan yang terbaik."

"Saya harap Shin Tae-yong terus sukses di masa depan dan mencapai apa yang mereka inginkan di Indoensia daripada di korea. Semoga berhasil."

"Anda menang dengan keterampilan, jadi luruskan bahumu dan berbahagialah! Aku mendukungmu, pastikan untuk maju ke Olimpiade!"

Laga semifinal Piala Asia U23 antara Timnas Indonesia vs Uzbekistan akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])