Vietnam vs Indonesia, Erick Thohir: Garuda Kembali Cetak Sejarah

Nusantaratv.com - 27 Maret 2024

Ketua umum PSSI Erick Thohir
Ketua umum PSSI Erick Thohir

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir merasa bangga dengan perjuangan Timnas Indonesia yang sukses membungkam Vietnam dengan skor telak 3-0 pada laga lanjutan Grup F babak Kualifikasi Piala Dunia 2024 Zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3) malam.

Pada laga itu, tiga gol skuad Garuda di cetak oleh Jay Idzes menit ke-9, Ragnar Oratmangoen di menit ke-23, dan Ramadhan Sananta di penghujung laga pada menit 98.

"Alhamdulillah kita berhasil meraih tiga poin di kandang Vietnam. Mental dan ketenangan para pemain tentu patut mendapatkan apresiasi," ujar Erick pada Selasa (26/3).

Erick mengatakan, kemenangan ini bukan hanya sekadar tiga poin semata. Namun juga menjadi kemenangan bersejarah setelah hampir 20 tahun Timnas Indonesia tidak mampu meraih poin penuh saat bertandang ke markas Vietnam.

"Terakhir kita menang di Vietnam itu saat Piala AFF yang namanya masih Piala Tiger pada 2004. Ini menjadi bukti perubahan baik dari sisi kualitas dan mental bertanding yang mengalami peningkatan siginifikan," ucap Erick.

Menteri BUMN itu juga memuji mental bertarung para penggawa Garuda yang tak gentar bermain di kandang lawan. Kendati begitu, Ia berpesan bahwa perjuangan Indonesia belum selesai.

“Kita tetap fokus untuk menghadapi dua pertandingan selanjutnya di bulan Juni untuk lolos ke babak berikutnya” ujar Erick.

Sejatinya, kemenangan ini memang membuka peluang besar bagi timnas untuk lolos ke putaran 3 Pra Piala Dunia 2026 Zona AFC dan otomatis tampil di AFC Asian Cup 2027 tanpa melalui kualifikasi.

Erick menyampaikan timnas kini berada di peringkat kedua dengan tujuh poin atau unggul empat poin dari Vietnam, hanya cukup meraih satu kemenangan dari dua laga terakhir saat menjamu Irak dan Filipina di Jakarta.

"Masih ada dua laga terakhir, laga hidup mati untuk kita bisa lolos. Tetap fokus untuk kembali meraih hasil terbaik di dua laga berikutnya," ucap Erick.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])