VFF Pecat Philippe Troussier Usai Menyaksikan Vietnam Digulung Indonesia

Nusantaratv.com - 27 Maret 2024

Philippe Troussier resmi dipecat oleh VFF usai Vietnam dikalahkan Timnas Indonesia
Philippe Troussier resmi dipecat oleh VFF usai Vietnam dikalahkan Timnas Indonesia

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Philippe Troussier harus lapang dada dan terima nasib setelah resmi dipecat oleh Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) usai pasukannya dibungkam Timnas Indonesia di hadapan para pendukungnya.

Pemecatan pelatih asal Prancis itu dilakukan VFF usai Vietnam dipermalukan Timnas Indonesia dengan skor telak 3-0 pada laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3) malam.

Dikutip dari media Vietnam The Thao 247, VFF langsung mengadakan pertemuan mendadak dengan Philippe Troussier usai pertandingan.

Hasil dari pertemuan tersebut, kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak kerjasama lebih cepat dari durasi yang sudah ditentukan sebelumnya sekitar 3,5 tahun atau berakhir pada Juli 2026.

Akan tetapi, belum diketahui apakah VFF masih memberikan kompensasi kontrak kepada mantan pelatih timnas Jepang tersebut hingga kualifikasi Piala Dunia 2026 berakhir.

Pasalnya, Vietnam tercatat masih memiliki dua laga tersisa, pertama menjamu Filipina dan bertandang ke markas Irak.

Untuk diketahui, Philippe Troussier didatangkan VFF untuk menggantikan Park Hang-seo dari kursi pelatih kepala Vietnam pada tahun 2023 lalu.

Bersama skuad The Golden Star, pelatih berusia 69 tahun itu mendapat kontrak hingga tahun 2026 dengan target bisa membawa Vietnam lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Namun langkah Philippe Troussier untuk mewujudkan target tersebut sangatlah berat. Sebab, tipis harapan bagi Vietnam untuk bisa melaju ke babak berikutnya, meski masih menyisakan dua laga di Kualifikasi Piala Dunia 2026, yakni mengahadapi Filipina dan Irak.

Sampai saat ini, Vietnam tercatat sudah memainkan empat laga di Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia zona Asia dengan hanya meraih satu kemenangan atas Filipina, imbang dengan Irak dan harus menelan dua kekalahan atas Indonesia.

Dari hasil tersebut, Vietnam hanya dapat mengoleksi tiga poin dan harus bersandar diposisi ketiga klasemen sementara.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])