Utut Adianto Berharap Pertamina Indonesian GM Tournament 2024 Sukses dan Lahirkan Pecatur Tangguh

Nusantaratv.com - 22 April 2024

Dewan Pembina PB Percasi Eka Putra Wirya (kedua kiri), perwakilan atlet MF Arif Abdul Hafiz (ketiga kiri), Ketua Bidang Organisasi, Laksma TNI Dr. Ir. Abdul Rivai Ras, M.M (ketiga kanan), Sekretaris Jendral Henry Hendratno (kiri) diabadikan bersama perwakilan PT Pertamina pada konferensi pers jelang event/ist
Dewan Pembina PB Percasi Eka Putra Wirya (kedua kiri), perwakilan atlet MF Arif Abdul Hafiz (ketiga kiri), Ketua Bidang Organisasi, Laksma TNI Dr. Ir. Abdul Rivai Ras, M.M (ketiga kanan), Sekretaris Jendral Henry Hendratno (kiri) diabadikan bersama perwakilan PT Pertamina pada konferensi pers jelang event/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi menggelar turnamen catur internasional bergengsi “Pertamina Indonesian GM Tournament 2024" mulai 23 April 2024 hingga 1 Mei 2024 di Artotel Gelora Senayan (dulu Hotel Atlet Century Park) Jakarta.

Selain kategori Grand Master (GM) turnamen catur standar 11 babak ini juga mempertandingkan kategori Master Internasional (MI). 

Turnamen diikuti sebanyak 24 peserta dari 8 negara yakni Indonesia, Malaysia, Mongolia, Singapura, Australia, Vietnam, Myanmar dan Filipina. Dengan rincian 12 peserta di kategori GM turnamen dan 12 peserta di kategori MI. Persaingan di kategori GM akan diramaikan oleh pecatur pecatur legendaris Asia dari Filipina, GM Egune Torre (elo rating 2425).

Indonesia selaku tuan rumah menurunkan 14 pecatur. 7 pecatur di GM termasuk pecatur putri GMW-MI Medina Warda Aulia (2372) dan 7 lainnya di MI. 

Presiden Federasi Catur Internasional (FIDE) Zona 3.3 Asia yang juga Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto merasa bangga, Indonesia selalu dapat menyelenggarakan turnamen catur bergengsi seperti ini. 

“Indonesia selalu menjadi tuan rumah yang luar biasa, karena mampu memberikan yang terbaik. Dan, saya berharap turnamen kali ini juga dapat melahirkan pemain-pemain yang menjadi kekuatan yang diperhitungkan di skala global,” ujar Utut Adianto pada konferensi pers jelang turnamen di Artotel Gelora Senayan, Senin (22/4/2024). 

Turut hadir Dewan Pembina PB Percasi Eka Putra Wirya, Ketua Bidang Organisasi, Laksma TNI Dr. Ir. Abdul Rivai Ras, M.M, Sekretaris Jendral Henry Hendratno dan jajaran pengurus lainnya serta perwakilan PT Pertamina. 

Utut mengapresiasi keterlibatan PT Pertamina (Persero) menjadi sponsor utama kegiatan catur bertaraf internasional. Hal ini menunjukkan olahraga catur semakin menarik bagi dunia industri.

“PB Percasi sangat mengapresiasi keterlibatan dunia usaha dalam turnamen seperti ini. Karena dengan banyaknya turnamen berkelas yang kita selenggarakan, akan muncul pula pemain catur berkelas,” kata Utut.

Diharapkan ke depan lebih banyak lagi dunia usaha yang mau mensponsori kegiatan-kegiatan catur dalam berbagai kompetisi di dalam dan luar negeri.

"Turnamen ini sangat penting bagi para pemain catur Indonesia, karena melalui GM dan IM turnamen inilah para pecatur Indonesia akan mendapat kesempatan untuk memperoleh pengalaman bertanding dengan para pecatur luar negeri yang berkemampuan setara, atau bahkan  di atas kemampuan mereka," tutur Utut.

"Di ajang inilah mereka dapat menaikkan elo rating serta membukukan norma. Sebuah kesempatan yang tak boleh disia-siakan," tandasnya.

Butuh Investasi Besar Cetak GM dan MI

Pada kesempatan yang sama, Dewan Pembina PB Percasi sekaligus pemilik Sekolah Catur Utut Adianto, Eka Putra Wirya menyampaikan bukan perkara gampang mencetak pecatur bergelar GM dan MI. Eka telah merasakan besarnya dana untuk mencetak pecatur tangguh bergelar GM seperti GM Susanto Megaranto dan GMW Irene Kharisma Sukendar yang lahir dari program The Dream Team Indonesia.

“Tidak gampang mencetak pecatur bergelar GM dan IM. Butuh investasi dana yang cukup besar. Karena, melahirkan mereka harus banyak tampil di ajang event internasional bergengsi yang masuk kalender resmi FIDE. Makanya, kita sangat terbantu dengan kehadiran PT Pertamina dan Bank Mandiri Tbk yang menjadi sponsor event internasional. Dan, PB Percasi berharap PT Pertamina dan Bank Mandiri Tbk terus memberikan support dalam rangka peningkatan prestasi pecatur Indonesia ke depan,” ungkapnya.

Meski mengakui persaingan dalam turnamen ini sangat ketat, namun Eka optimistis akan ada pecatur Indonesia yang meraih Norma GM dan Norma IM di ajang ini.

Pertamina Indonesian GM Tournament 2024 ini akan menggunakan sistem Round Robin (setengah kompetisi) 11 babak. Total hadiah yang diperebutkan USD 20.900 (atau sekitar Rp 330 juta), terdiri dari USD 13.100 untuk kategori GM dan USD 7.800 untuk kategori MI.

Daftar 12 pecatur di kategori GM: GM Susanto Megaranto 2504, GM Novendra Priasmoro 2494, MI Yosep Theolifus Taher 2445, MI Aditya Bagus Arfan 2407, MI Azarya Jodi Setyaki 2407, MI Medina Warda Aulia 2372, MI Gilbert Eroy Tarigan 2330, GM Temur Kuybokatov 2600 (Australia), GM Thien Hai Dao 2475 (Vietnam), MI Uurtsaikh Agibileg 2442 (Mongolia), GM Eugene Torre 2425 (Filipina) dan MI Xiangyi Liu 2355 (Singapura)

Dengan rata-rata rating 2436 di kategori GM ditetapkan syarat meraih norma GM harus membukukan 8 poin dari 11 babak.

Kategori MI: MI Farid Firmansyah 2392, MI Mohamad Erfan 2383, MF Cecep Kosasih 2372, MF Arif Abdul Hafiz 2311, MF Surya Wahyudi 2308, MF Agus Kurniawan 2295, MIW Ummi Fisabillah 2187, MI Zaw Htun Wynn 2416 (Myanmar), MI Jan Emmanuel Garcia 2408 (Philipina), MI Khuyagtsogt Itgelt 2408 (Mongolia), MI Peter Long 2285 (Malaysia) dan GMW Thi Mai Hung Nguyen 2179 (Vietnam)

Dengan rata-rata rating 2332 di kategori MI ditetapkan syarat meraih norma MI harus menorehkan 7,5 poin dari 11 babak, sedangkan norma GMW harus mendulang 7 poin dari 11 babak

 

 


 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])