Turnamen Kandidat FIDE 2024: 8 'Pendekar' Catur Berebut Tiket jadi Penantang Juara Dunia Ding Liren

Nusantaratv.com - 14 April 2024

Para penonton antusias menyaksikan para pecatur terbaik dunia berlaga di Turnamen Kandidat FIDE 2024 dari balkon Great Hall, Toronto, Kanada/Foto: FIDE
Para penonton antusias menyaksikan para pecatur terbaik dunia berlaga di Turnamen Kandidat FIDE 2024 dari balkon Great Hall, Toronto, Kanada/Foto: FIDE

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Turnamen catur bergengsi Kandidat FIDE 2024 yang digelar di Great Hall, Toronto Kanada telah memasuki paruh kedua dengan mempertandingkan babak ke-9 pada Minggu (14/4/2024), dari 14 babak yang dijadwalkan. 

Event prestisius yang berlangsung sejak 3 hingga 22 April mendatang diikuti delapan 'pendekar' catur dunia bergelar Grand Master (GM) yang mengantongi elo rating 2600 sampai 2800-an. 

Kedelapan pecatur putra terbaik dunia tersebut yakni GM Fabiano Caruana dari Amerika Serikat (AS) dengan elo rating tertinggi 2803, GM Hikaru Nakamura 2789, GM Alireza Firouzja (Prancis) 2760, GM Ian Nepomniachtchi (Rusia/FIDE) 2758, kemudian tiga pecatur asal India GM R Praggnanandhaa 2747, GM Gukesh 2743 dan GM Vidit Gujrathi 2727 serta pecatur Azerbaijan GM Nijat Abasov (Azerbaijan) 2632. 

Delapan 'pendekar' catur ini berhak tampil di turnamen Kandidat FIDE 2024 karena telah memenuhi kualifikasi ketat yang diterapkan federasi catur dunia FIDE. 

GM Ian Nepomniachtchi mendapat kesempatan tampil karena merupakan runner up Kejuaraan Dunia Catur 2023. 

Nepomniachtchi dikalahkan secara dramatis oleh GM Ding Liren pada Kejuaraan Dunia Catur 2023 
yang berlangsung di St Regis Astana Hotel, Astana, Kazakhstan, April 2023 lalu. Laga Nepomniachtchi kontra Ding Liren harus dituntaskan lewat tiebreak catur cepat karena sampai dengan berakhirnya pertandingan 14 babak di nomor catur standar atau klasik kedua pecatur bermain imbang 7-7.

Adapun GM R Praggnanandhaa, GM Nijat Abasov dan GM Fabiano Caruana tampil karena menjadi tiga terbaik di Piala Dunia Catur 2023. Sebenarnya yang berhak lolos dari ajang ini adalah GM Magnus Carlsen 2830 (Norwegia) yang tampil sebagai juara Piala Dunia Catur 2023. Namun Magnus menarik diri sehingga tempatnya digantikan GM Nijat Abasov yang menempati peringkat empat. 

"Terimakasih berkat dia, saya mempunyai kesempatan ini,” kata Abasov tentang keputusan Carlsen.

Kemudian GM Vidit Gujrathi dan GM Hikaru Nakamura melaju ke turnamen Kandidat FIDE 2024 karena menjadi dua terbaik turnamen Fide Grand Swiss 2023. 

Lalu, GM Gukesh Dommaraju berhak tampil karena menjadi pemenang Sirkuit FIDE 2023. 

Dan terakhir, pecatur kelahiran Iran yang kini menjadi warga negara Prancis GM Alireza Firouzja mendapat satu tempat di turnamen Kandidat FIDE 2024 lantaran memiliki elo rating tertinggi per Januari 2024. 

Mereka akan bertanding sebanyak 14 babak untuk meraih satu tiket menjadi penantang Juara Dunia Catur Putra yang kini dipegang GM Ding Liren (China). 

Turnamen Kandidat FIDE 2024 mempertandingkan nomor catur standar atau klasik dengan kontrol waktu 120 menit untuk 40 langkah pertama. Kemudian ada tambahan waktu 30 menit plus increament 30 detik mulai langkah ke-41.

Total hadiah yang diperebutkan di turnamen Kandidat FIDE 2024 mencapai €500.000 atau setara Rp8,6 miliar (dengan asumsi Rp17.198 per Euro). 

Juara mendapat €48.000 setara dengan Rp825 juta. Runner up kebagian €36.000 (Rp620 juta) dan peringkat ketiga €24.000 (Rp412 juta). 

Ditambah €3.500 (Rp60 juta) per setengah poin untuk setiap pemain. 

Ketika ditanya tentang keputusan untuk menjadi tuan rumah turnamen di Toronto, CEO of the International Chess Federation (FIDE) Emil Sutovsky mengungkapkan salah satu alasan pentingnya adalah Amerika Utara belum pernah menyaksikan kompetisi siklus dunia termasuk catur.

“Amerika Utara belum pernah menyaksikan kompetisi siklus kejuaraan dunia. Namun, kami sangat menyadari booming catur di Kanada, dengan banyaknya pemain muda bermunculan. Ada banyak sekali penggemar catur di tanah air. Dukungan keluarga Scheinberg untuk menyelenggarakan event tersebut di sini, ditambah dengan dukungan dari Federasi Catur Kanada, menjadikannya pilihan yang logis. Dilihat dari masukan yang kami peroleh, minat dari para penggemar dan media, serta dukungan pemerintah, ini adalah keputusan yang tepat," kata Sutovsky.

Gukesh Gusur Nepo

Memasuki babak ke-9, Minggu (14/4/2024) persaingan di turnamen Kandidat FIDE 2024 semakin seru dan panas. Ditandai dengan lengsernya GM Ian Nepomniachtchi dari puncak klasemen sementara. 

Dilansir dari situs resmi candidates2024.fide.com, posisi puncak kini dikuasai GM Gukesh Dommaraju dengan 5 poin. Ditempel ketat oleh Nepomniachtchi di urutan kedua yang juga mengemas 5 poin. Di posisi ketiga dan keempat mengintai GM Hikaru Nakamura dan GM Praggnanandhaa dengan 4,5 poin. Kemudian GM Fabiano Caruana di urutan kelima mengemas 4 poin, lalu GM Vidit Gujrathi di posisi keenam dengan 3,5 poin, ketujuh GM Alireza Firouzja mengoleksi 3 poin dan GM Nijat Abasov sebagai juru kunci dengan 2,5 poin. 

Kedelapan pecatur kembali bertanding di babak ke-9 hari ini, Minggu (14/4/2024). Berdasarkan hasil undian (pairing) GM Vidit Gujrathi menghadapi GM Hikaru Nakamura, GM Gukesh Dommaraju akan melakoni perang saudara melawan rekannya dari India GM R Praggnanandhaa, GM Alireza Firouzja kontra GM Ian Nepomniachtchi kemudian GM Nijat Abasov menghadapi GM Fabiano Caruana.

Selain kelompok Putra, di tempat yang sama digelar juga turnamen Kandidat Wanita FIDE 2024. Turnamen diikuti delapan pecatur wanita terbaik di dunia. Mereka bertarung untuk memperebutkan satu tiket menjadi penantang Juara Dunia Catur Wanita yang kini dipegang GM asal China Ju Wenjun.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])