Tinju HSS Series 5 Hadirkan 14 Partai, Ellyas Pical Ingatkan Pentingnya Lindungi Kepala di Atas Ring

Nusantaratv.com - 19 April 2024

Ellyas Pical saat menghadiri duel ekshibisi di Bengkel Space, SCBD, Jakarta, Rabu (14/6/2023). (Marco Tampubolon)
Ellyas Pical saat menghadiri duel ekshibisi di Bengkel Space, SCBD, Jakarta, Rabu (14/6/2023). (Marco Tampubolon)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com- Ellyas Pical sudah lama meninggalkan ring tinju Tanah Air. Namun bukan berarti pria asal Saparua tersebut tidak perduli dengan perkembangan olahraga adu jotos di Indonesia. 

Dalam berbagai kesempatan, Elly kerap memberi masukan bagi kemajuan tinju Indonesia. Dia juga tidak pelit berbagi tips kepada para atlet dalam menjaga keselamatan di atas ring. 

Saat diundang di acara HSS series 5 pada Rabu (17/4/3034) contohnya. Ellyas Pical dengan semangat menekankan pentingnya petinju melindungi bagian kepala. Sebab menurutnya hal itu sangat penting dalam menjaga keselamatan mereka saat duel. 

“Jangan cuma pukul asal-asalan saja. Banyak petinju sekarang ini kena pukul bagian saraf dan mati gara-gara begitu,” ujarnya sembari menunjuk bagian kepalanya seperti dikutip dari cuplikan IG Story pada akun pribadinya @Ellyas_pical.

"Itu karena otak tidak jalan. Kalau lihat lawan,menghindar,” beber mantan juara dunia tinju kelas super flyweight versi IBF itu menambahkan.

Ellyas Pical tidak asal bicara. Juara dunia tinju yang pertama di Indonesia itu memang sangat memperhatikan keselamatannya setiap bertanding di atas ring. 

Dalam sebuah kesempatan, Elly sempat bercerita kepada Nusantaratv.com bagaimana banyak petinju-petinju yang sudah mengalami gejala parkinson setelah pensiun. Menurutnya, mereka mulai banyak yang tidak nyambung saat diajak berkomunikasi. 

“Itu karena dulu waktu jadi atlet, sering kena pukul lawan di bagian kepala. Mereka jadi pelupa sekarang dan susah diajak untuk berkomunikasi,” kata Elly. 

“Saya tidak seperti itu. Saya masih ingat semua karena waktu di atas ring saya selalu melindungi  bagian kepala. Kalau ada lawan yang pukul, saya menghindar,” bebernya.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])