Tanpa Ivar Jenner, STY Diminta Perkuat Lini Tengah Timnas Indonesia U-23

Nusantaratv.com - 16 April 2024

Garuda Muda Indonesia (foto: website PSSI)
Garuda Muda Indonesia (foto: website PSSI)

Penulis: Bagas Adi Pangestu

Nusantaratv.com - Perjalanan Indonesia di Piala Asia U-23 2024 bertambah berat. Kekalahaan 0-2 dari tuan rumah Qatar pada laga perdana membuat pasukan Shin Tae-yong harus kerja keras di dua laga tersisa. 

Tugas Shin Tae-yong sebagai pelatih juga bertambah berat manakala dua pemain andalannya, Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta tidak bisa tampil di laga berikutnya. Kedua pemain ini dipastikan absen setelah menerima kartu merah saat melawan Qatar, Senin (15/4/2023). 

Absennya kedua pemain ini menurut Pengamat Sepak Bola, Mohamad Kusnaeni, sangat merugikan Timnas Indonesia U-23. Sebab kualitas Jenner sulit tergantikan. Menurut pria yang akrab disapa Bung Kus itu, cara bermain Jenner sangat berbeda dengan pemain-pemain lainnya.

"Bukan berarti menafikan Ramadhan Sananta yang juga pemain penting, tapi kehilangan Ivan Jenner jauh lebih besar lagi. Apalagi dia itu selama ini juga jadi pemain inti yang selalu bermain di sejumlah pertandingan tidak hanya di level U-23 tapi juga di level senior," kata Bung Kusnaeni saat dihubungi Nusantaratv.com, Selasa (16/4). 

Indonesia menelan kekalahan 0-2 pada laga perdana Piala Asia U-23 2024. Tergabung di Grup A, Garuda Muda kebobolan lewat penalti Khalid Ali Sabah menit 45+1 dan gol Ahmed Al-Rawi pada menit ke-54. 

Akibat kekalahan ini, Indonesia pun kini terbenam di dasar klasemen tanpa poin. Sementara di laga berikutnya yang berlangsung Kamis (18/4/2024), timnas Indonesia U-23 akan bertemu Australia yang pada laga sebelumnya bermain imbang 0-0 melawan Yordania. 

"Melawan Australia, Shin Tae yong harus bekerja keras meramu strategi baru terhadap pemain yang ada. Saya harap Justin Hubner sudah bergabung untuk memperkuat lapangan tengah," kata Kusnaeni.  

"Namun kalau tidak ada Justin, Shin Tae yong harus berpikir bagaimana memperkuat lapangan tengah. Lapangan tengah menjadi kunci kekuatan karena bakal banyak menghadapi tekanan," beber Bung Kus. 

Dalam skenario seperti ini, Bung Kus menilai STY bisa menarik 
mundur Marselino ke lapangan tengah dan mendorong Rafael Struick dan Witan Sulaeman lebih ke depan. "Sedangkan untuk sisi kirinya Shin Tae yong bisa memasukkan destroyer atau yang lain."

Soroti Lini Depan Timnas
 
Di sisi lain, Kusnaeni juga menyoroti potensi lini depan Timnas Indonesia U-23. Menurutnya, para pemain harus lebih berani memanfaatkan setiap peluang yang didapat untuk mencetak gol. 

"Karena pada pertandingan semalam kita juga memiliki banyak peluang namun sayang gagal dimanfaatkan jadi gol oleh para pemain depan.
Jika bermain di level tinggi seperti di Piala Dunia ataupun Piala Asia, kegagalan memanfaatkan peluang itu mahal, karena peluang tidak akan banyak didapat tim. Kegagalan mencetak gol dari peluang yang ada menjadi kerugian besar bagi sebuah tim," bebernya.

Jadwal Timnas Indonesia U-23 Selanjutnya:

18 April 2024: Australia vs Indonesia, di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha
Pukul 20.00 WIB

21 April 2024: Yordania vs Indonesia di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha
Pukul 22.30 WIB

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])