Sentuhan Kelas Eropa Timnas Indonesia Menggila di Kandang Vietnam

Nusantaratv.com - 26 Maret 2024

Selebrasi Timnas Indonesia di laga kontra Vietnam
Selebrasi Timnas Indonesia di laga kontra Vietnam

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Timnas Indonesia sukses menundukkan Vietnam dengan skor 3-0 pada laga kedua Grup F babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang berlangsung di My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024) malam.

Tiga gol Timnas Indonesia di cetak oleh Jay Idzes pada menit ke-4, Ragnar Oratmangoen menit 22 dan Ramadhan Sananta pada menit 98.

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia berada di posisi kedua klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan torehan tujuh poin. Sementara itu, Vietnam masih bertahan di posisi ketiga dengan raihan tiga poin.

Pada laga sebelumnya, skuad Garuda mampu meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0 atas tim The Golden Star di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (21/3/2024) lalu.

Jalannya pertandingan

Sejak berjalannya laga, Indonesia yang bertindak sebagai tim tamu langsung memberikan penampilan ngotot. Terbukti, baru dua menit waktu berjalan, skuad Garuda langsung mengancam lini pertahanan Vietnam. Beruntung, kemelut didepan mulut gawang tim tuan rumah masih bisa amankan.

Vietnam yang berstatus sebagai tuan rumah pun tak tinggal diam. Serangan yang dilancarkan pada menit keempat lewat tendangan dari luar kotak penalti mampu menekan barisan pertahanan skuad Garuda. Beruntung masih bisa diamankan oleh Ernando Ari.

Pasukan Shin Tae-yong akhirnya merayakan pesta gol pada menit ke-8 setelah sundulan Jay Idzes tak mampu dihalau kiper Vietnam. Gol skuad berada terjadi lewat sepak pojok yang dilakukan oleh sang profesor Thom Haye dan mampu dimanfaatkan menjadi gol oleh bek asal Venezia tersebut. Skor 1-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia.

Tertinggal satu gol membuat darah pemain Vietnam pun mendidih. Bahkan, mereka sesekali melancarkan tekanan ke lini pertahanan Timnas Indonesia. Namun, serangan tersebut masih putus di tengah jalan.

Indonesia yang unggul satu gol terlihat tampil semakin percaya diri. Bahkan Asnawi dkk juga mampu menguasai jalannya pertandingan hingga beberapa kali mengancam pertahanan Vietnam. Akan tetapi hingga menit 20 jalannya pertandingan belum ada peluang emas hingga gol yang tercipta.

Pasukan Garuda kembali bersorak saat memasuki menit ke-22 setelah Ragnar Oratmangoen sukses menggandakan keunggulan lewat aksinya dari sisi kiri yang mampu mengobrak-ngabrik pertahanan Vietnam dan melakukan tendangan keras yang tak mampu diamankan oleh kiper F Nguyen. Skor 2-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia.

Tertinggal dua gol memang membuat penampilan pemain Vietnam sedikit pusing. Mereka terlihat lebih sering kehilangan bola dan baru mendapatkan peluang pada menit 27 lewat tendangan H. D Nguyen dari sisi kanan. Beruntung masih bisa diamankan Ernando Ari.

Vietnam kembali mengancam gawang Timnas Indonesia lewat eksekusi bola mati dari sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia, namun masih bisa ditepis oleh Ernando Ari hingga menghasilkan sepak pojok.

Pada menit 37 Indonesia juga mendapat peluang lewat tendangan bebas yang dilakukan oleh Thom Haye. Sayangnya, tembakan tersebut masih melebar kesisi kanan gawang Vietnam.

Jual beli serangan terus disajikan oleh kedua tim hingga memasuki menit ke-40, meski tempo permainan dari kedua tim sudah terlihat sedikit  menurun. Pada menit ke-44 Vietnam hampir memperkecil keadaan lewat aksi solorun V. K Khuat yang lagi-lagi masih bisa diamankan oleh kiper Ernando Ari. Skor 2-0 untuk keunggulan skuad Garuda pun bertahan hingga turun minum.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])