Selangkah Lebih Dekat, Cara Indonesia Lolos Olimpiade Paris 2024 Usai Singkirkan Korea Selatan

Nusantaratv.com - 26 April 2024

Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 usai menyingkirkan Korea Selatan. (Twitter AFC)
Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 usai menyingkirkan Korea Selatan. (Twitter AFC)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Timnas Indonesia U-23 secara mengejutkan berhasil mengalahkan Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Jumat (26/4/2024). Bermain imbang 2-2 hingga perpanjangan waktu berakhir, Garuda Muda akhirnya lolos ke semifinal usai memenangkan drama adu penalti dengan skor 11-10. 

Berkat kemenangan ini, Garuda Muda juga selangkah lebih dekat dengan Olimpiade Prancis 2024. 

Hanya 4 tim Piala Asia U-23 2024 yang berhak ke Paris. Tiga di antaranya adalah, juara, runner up, dan tim peringkat ketiga. Sementara urutan keempat bakal melewati babak play off melawan wakil Afrika, Guinea. 

Saat ini, Indonesia telah lolos ke babak semifinal. Artinya, hanya butuh satu kemenangan lagi untuk mendapatkan tiket otomatis menuju Olimpiade Prancis 2024.  Di babak empat besar nanti, Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan pemenang duel Uzbekistan melawan Arab Saudi, sore nanti. 

Selain Indonesia, Jepang juga sudah lebih dulu lolos ke semifinal. Selanjutnya, Jepang akan menghadapi pemenang antara Irak melawan Vietnam yang akan berlangsung di Al Janoub Stadium malam ini. 

Publik Tanah Air tentu saja berharap Indonesia bisa melaju ke final untuk mendapatkan tiket langsung ke Paris. Namun kekalahan di babak semifinal tidak serta-merta menutup peluang Garuda Muda. 

Pasukan Shin Tae-yong masih bisa mendapatkan tiket langsung ke Olimpiade Paris lewat perebutan peringkat ketiga. Namun bila finis di urutan keempat, Indonesia bisa menempuh jalur play-off. Dalam duel ini, Indonesia akan bertemu Guinea di Kyoto Stadium, Kameoka, Jepang pada 9 Mei 2024. 
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])