Sah, Indonesia Hadapi Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Nusantaratv.com - 22 April 2024

Korea Selatan berhadapan dengan Jepang di laga terakhir grup B Piala Asia U-23 2024.  (Twitter KFA)
Korea Selatan berhadapan dengan Jepang di laga terakhir grup B Piala Asia U-23 2024. (Twitter KFA)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Timnas Indonesia U-23 akhirnya mengetahui tim yang akan dihadapi pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Korea Selatan menjadi rintangan Garuda Muda berikutnya, setelah berhasil mengalahkan Jepang dengan skor 1-0, Senin (22/4/2024).

Satu-satunya gol pada laga ini dicetak oleh Min-Woo Kim pada menit ke-75.

Berkat kemenangan ini, Korea Selatan keluar sebagai juara grup B dengan 9 poin. Di fase knock out, mereka akan berhadapan dengan runner up grup A, Indonesia pada 26 April 2024 mendatang. 

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-23 berhasil mengunci tempat kedua dengan koleksi 6 poin dari tiga pertandingan. Setelah kalah 0-2 dari Qatar pada laga pertama, Garuda Muda bangkit dan berhasil memetik kemenangan 1-0 atas timnas Australia dan 4-1 atas Yordania. 

Posisi pertama grup A ditempati oleh Qatar dengan 7 poin. Tuan rumah selanjutnya akan bertemu Jepang yang menjadi runner up grup B. Pertemuan Indonesia dan Korea Selatan jadi 'bentrok' di ajang resmi pertama pelatih Shin Tae-yong dengan negara asalnnya sejak menangani tim Merah Putih. 


Jalannya pertandingan

Jepang dan Korea Selatan mengawali laga di Jassim Bin Hamad Stadium dengan sangat hati-hati. Kekuatan yang berimbang membuat mereka enggan melakukan gerakan yang gegabah. 

Hingga menit ke-23 tercatat baru dua tendangan ke gawang yang dilepaskan oleh timnas Jepang U-23. Sedangkan Korea Selatan yang ditukangi S Hwan belum terlihat mengancam gawang lawan.

Korea Selatan nyaris melakukan gol bunuh diri pada menit ke-28 saat bola sepak pojok berubah arah kena pemain sendiri. Beruntung, kiper Baek Jong-bum masih mampu mengamankannya. 

Memasuki pengujung babak pertama, Korsel hampir memecah kebuntuan. Umpan SB Jeong berhasil diterima Y Hong yang menusuk hingga ke depan gawang Jepang. Sayang, sepakannya terlalu lemah hingga mudah diantisipasi kiper lawan. Skor kacamata bertahan hingga turun minum. 

Di awal babak kedua, Korea Selatan langsung mengancam lewat aksi solo run Hong Yun-sang yang mampu menusuk hingga ke kotak penalti. Sayang, tendangan pemain Pohang Steelers tersebut masih mengarah ke pelukan penjaga gawang Jepang, Taishi Brandon Nozawa. 

Korsel kembali membuang peluang pada menit ke-67. Umpan silang terukur Hong ke mulut gawang Jepang gagal dijangkau oleh rekannya. 

Jepang berbalik mengancam lewat serangan balik di menit 70, tapi bola masih berhasil dihalau kiper Korsel, Baek Jong-bum. Tandukan keras Kota Takai dua menit berselang juga melebar. 

Timnas Korsel U-23 akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-75. Pemain pengganti Min-Woo Kim membawa timnya unggul 1-0 lewat tandukan keras memanfaatkan umpan sepak pojok.

Kemelut sempat terjadi di depan gawang Korea Selatan pada menit ke-82. Namun tendangan keras pemain Jepang, Kein Sato memanfaatkan bola liar belum menemui sasaran. 

Jepang berulang kali mengancam gawang Korea Selatan. Namun hingga babak kedua usai, timnas Jepang U-23 gagal menyamakan kedudukan dan Korea Selatan tetap unggul 1-0.  

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close