Rafael Struick Tipikal Striker Serba Bisa, Sayang Harus Absen di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Nusantaratv.com - 26 April 2024

Pengamat Maruf El Rumi dalam program NTV Prime, Sabtu (26/4/2024) (nusantaratv.com)
Pengamat Maruf El Rumi dalam program NTV Prime, Sabtu (26/4/2024) (nusantaratv.com)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Pengamat sepak bola Maruf El Rumi mengupas kualitas Rafael Struick. Struick kembali mencuri perhatian di babak perempat final Piala Asia U-23 2024 lewat dua gol yang berhasil disarangkan ke gawang Korea Selatan pada Jumat malam (26/4/2024).

Bertanding di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Struick membawa Indonesia memimpin 1-0 lewat tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-14. Namun timnas Korea Selatan U-23  berhasil menyamakan kedudukan memanfaatkan gol bunuh diri Komang Teguh pada menit ke-45. 

Struick kembali membawa Garuda Muda memimpin 2-1 pada menit ke-45+3. Namun Korea Selatan tidak menyerah. Meski kehilangan satu pemain karena kartu merah, Korea mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol yang dicetak oleh Jeong Sang-bin menit 84.

Skor ini tidak berubah hingga extra time usai. Indonesia akhirnya memastikan tiket ke final setelah menang 11-10 dalam drama adu penalti. Struick yang jadi algojo, sukses menjalankan tugasnya.

Menurut Maruf, Struick merupakan striker dengan kemampuan unik. Dia tidak hanya piawai dalam menjebol gawang lawan, tapi juga punya naluri cepat dalam beradaptasi dengan kebutuhan tim. 

"Saat Ramadhan Sananta masuk, dia bisa bermain lebih melebar. Dia striker yang bisa dengan cepat beradaptasi dengan kebutuhan tim. Saat ini, striker tidak hanya bicara gol saja, tapi bagaimana dia bisa beradaptasi dengan permainan tim," beber Maruf menambahkan. 

Maruf juga berpendapat kalau Struick menjadi aset andalan bagi lini depan timnas Indonesia. Usia yang muda dan mental yang tangguh membuatnya jadi pilihan yang tepat bagi Shin Tae-yong. 

"Struick awalnya didatangkan untuk Piala Dunia U-20. Tapi kejuaraannya tidak jadi. Meski demikian, dia tetap dipanggil Shin Tae-yong karena punya kemampuan. Dia kemudian jadi tulang punggung bagi timnas senior maupun timnas U-23," beber Maruf.

Meski demian, Struick dipastikan bakal absen pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Pemain naturalisasi asal Belanda itu harus menepi akibat menerima kartu kuning kedua saat bertemu Korsel.

Di babak semifinal, Indonesia akan bertemu pemenang antara Uzbekistan vs Arab Saudi, malam ini. Perebutan tiket ke final juga bakal berlangsung di Abdullah bin Khalifa stadium,  

Selain Struick, Maruf juga membahas beberapa topik lain seputar timnas Indonesia U-23. Selengkapnya bisa Anda saksikan melalui rekaman video program NTV Prime di bawah ini. 


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])